Penulis Utama : Banar Surendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4610022
Tahun : 2016
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Memukul Bola melalui Penerapan Alat Bantu Pembelajaran pada Siswa Kelas V SDLB-B SLB Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara (YRTRW) Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Penjaskesrek-K4610022-2016
Subyek : HASIL BELAJAR, GERAK DASAR MANIPULATIF MEMUKUL BOLA, ALAT BANTU PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajargerak dasar manipulatif memukul bola melalui penerapan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V SDLB-B SLB YRTRW Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDLB-B SLB YRTRW Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 8 siswa yang terdiri-dari 5 siswa putra dan 3 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, dokumentasi, dan hasil tes kognitif siswa. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.
Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus persentase ketuntasan hasil belajar gerak dasar manipulatif menukul bola siswa sebesar 62,50%, pada siklus I meningkat menjadi 75 ?n pada siklus 2 meningkat menjadi 100 %. Hasil pada siklus 2 sudah mencapai target yang diharapkan peneliti yaitu semua siswa memenuhi kriteria ketuntasan dengan KKM 75. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II setelah dilakukan penerapan alat bantu pembelajaran. Pelaksanaan siklus II dengan menambah variasi media dan adanya unsur kompetitif menyebabkan hasil belajar gerak dasar manipulatif memukul bola meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif memukul bola pada siswa kelasV SDLB-B SLB YRTRW Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hanik Liskustyawati, M.Kes
2. Sri Santosa Sabarini, S.Pd,M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP