Penulis Utama : Brian Ramadhan
NIM / NIP : D0212027
×

ABSTRAK

Keberadaan smartphone, tidak dipungkiri lagi sudah menjelma menjadi salah satu kebutuhan utama manusia saat ini. Melalui fitur-fiturnya, smartphone dapat menunjang berbagai aktivitas manusia. Dengan banyaknya jenis dan merek smartphone yang ada di pasaran, individu tentu memiliki hal-hal yang dijadikan pertimbangan sebelum membeli smartphone. Sumber pertimbangan pun juga dapat berasal dari mana saja, dapat berasal dari diri sendiri, dari orang lain, maupun dari media, terlebih dengan kemudahan akses informasi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan dan terpaan media terhadap minat beli smartphone.

Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang dikumpulkan dari hasil penyebaran kuesioner kepada 75 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportioned stratified random sampling. Metode analisis data menggunakan metode regresi linear berganda.

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kelompok acuan dinyatakan memiliki pengaruh terhadap minat beli (sig. 0,000), dan variabel terpaan media juga dinyatakan memiliki pengaruh terhadap minat beli (sig. 0,000). Secara simultan, kelompok acuan dan terpaan media dinyatakan memiliki pengaruh terhadap minat beli (sig. 0,000). Dari hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa 85,8% variasi minat beli dapat dijelaskan model regresi ini, sedangkan sisanya sebesar 14,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Kata kunci: smartphone, kelompok acuan, terpaan media, minat beli.

×
Penulis Utama : Brian Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212027
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Kelompok Acuan dan Terpaan Tayangan Konten Product Review di Youtube Terhadap Minat Beli Smartphone pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D0212027-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S. Sos, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.