Penulis Utama : Adiprasetya Widyatama
NIM / NIP : H0216002
×

RINGKASAN
Efektivitas Penghambatan Nitrifikasi Tanah Vertisol dengan Pelapisan Pupuk Amonium Sulfat dan Aplikasi Serasah terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis. Skripsi: Adiprasetya Widyatama (H0216002). Pembimbing: Purwanto, Sri Hartati. Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret – Surakarta.
Nitrogen dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang sangat besar namun ketersediaan untuk tanaman sedikit karena keberadaan di tanah mobil. Nitrifikasi dapat merubah N dalam bentuk amonium menjadi N nitrat yang sebelumnya terlebih dahulu menjadi nitrit. Keberadaan nitrat dalam tanah mudah sekali mengalami pelindian sehingga tidak tersedia bagi tanaman dan jika jumlahnya besar dapat menyebabkan berbagai masalah seperti pencemaran dan pembentukan gas rumah kaca. Penghambatan nitrifikasi dapat dilakukan dengan penggunaan nitrification inhibitor namun harga mahal dan berakibat buruk pada bioorganisme tanah. Penggunaan metode pelapisan dan penambahan serasah berdasarkan penelitian sebelumnya dapat menghambat nitrifikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelapisan pupuk amonium sulfat dan aplikasi serasah dalam menghambat proses nitrifikasi di tanah Vertisol, mengetahui pelapisan pupuk amonium sulfat dan aplikasi serasah yang paling efektif dalam menghambat proses nitrifikasi di tanah Vertisol, dan mengetahui pengaruh pelapisan pupuk amonium sulfat dan aplikasi serasah terhadap pertumbuhan tanaman jagung manis. Penelitian telah dilaksanakan di Bulan Agustus sampai Desember 2019 di Plesungan Karanganyar serta analisis laboratorium di Laboratorium Biologi dan Bioteknologi dan Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan acak lengkap dengan sembilan perlakuan yaitu N mudball, N kertas koran, N kertas semen, N plastik, serasah Gliricidia maculata, Albizzia falcataria, Senna siamea, dan Tithonia diversifolia. Variabel yang diamati yaitu amonium, potensial nitrifikasi, nitrat, efisiensi pemanfaatan N, tinggi tanaman, jumlah daun, serta berat kering tajuk tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelapisan pupuk amonium sulfat dan aplikasi serasah dapat menghambat nitrifikasi dan perlakuan yang efektif adalah perlakuan kertas koran yang dilihat dari efisiensi pemanfaatan N sebesar 24,22%. Perlakuan Tithonia diversifolia meningkatkan berat kering tajuk tanaman tertinggi.

Kata Kunci: Amonium, Efisiensi, Nitrat, Potensial Nitrifikasi.

 

×
Penulis Utama : Adiprasetya Widyatama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0216002
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Penghambatan Nitrifikasi Tanah Vertisol dengan Pelapisan Pupuk Amonium Sulfat dan Aplikasi Serasah terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis
Edisi :
Imprint : Surakata - F.Pertanian - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Tanah
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian PROGRAM STUDI ILMU TANAH-H0216002-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Purwanto, M.S.
2. Ir. Sri Hartati, M.P.
3. Prof. Dr. Ir. Supriyadi, M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.