Penulis Utama : Fadlurrahman Fiqi Salman
NIM / NIP : D0316027
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan pada masyarakat yang menjadi korban bencana gempa bumi, khususnya di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Menjadi korban bencana gempa bumi yang terjadi pada 2018 lalu, membuat masyarakat Kecamatan Kayangan melakukan berbagai upaya dalam merespon bencana sehingga menarik untuk dikaji lebih lanjut. Terlebih lagi berbagai pihak juga turut terlibat dalam upaya recovery bencana ini, seperti Pemerintah dan Non Governmental Organization (NGO).

 

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian skripsi ini yaitu, untuk menggambarkan berbagai upaya atau kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, pemerintah maupun NGO sebagai proses recovery bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Lombok Utara khususnya di Kecamatan Kayangan. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial yang digagas oleh Max Weber. Teori Tindakan Sosial dipilih untuk melihat berbagai tipikal tindakan yang memiliki alasan – alasan tertentu, sehingga tipikal – tipikal tindakan tersebut terkait dengan empat tipe tindakan sosial Max Weber yaitu zwerk rational, werk rational, affectual action, dan traditional action. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Naturalistic Inquiry. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Terdapat tiga kategori dalam informan penelitian ini yaitu informan kunci, utama, dan tambahan. Dalam menjamin keabsahan data atau validnya data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa masyarakat yang menjadi korban bencana melakukan berbagai upaya atau kegiatan sebagai bentuk merespon bencana yang melanda wilayah mereka. Berbagai upaya tersebut dibedakan menjadi tiga bagian yaitu, upaya penyelamatan, pemulihan dan kesiapsiagaan. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam tiga bagian tersebut, merupakan bagian dari proses recovery bencana gempa bumi. Berbagai pihak seperti pemerintah dan NGO juga turut mengambil peran dalam recovery bencana ini. Pemerintah dan NGO melakukan berbagai upaya recovery dan memperhatikan segala macam aspek seperti kondisi sosial, budaya, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Dengan adanya keterlibatan berbagai pihak, diharapkan proses recovery yang telah dilakukan menjadi maksimal.

Kata kunci: Recovery, Tindakan Sosial, Bencana, Gempa Bumi

×
Penulis Utama : Fadlurrahman Fiqi Salman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0316027
Tahun : 2020
Judul : Recovery Bencana Gempa Bumi Lombok Tahun 2018 (Upaya Pemulihan Kondisi Sosial, Budaya, Ekonomi, Kesehatan, dan Pendidikan di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Sosiologi-D0316027-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Trisni Utami. M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.