Penulis Utama : Mira Selvitasari
NIM / NIP : R0216064
×

<!--[if !mso]> <style> v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} </style> <![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->ABSTRAK

 Mira Selvitasari, R0216064, 2020. Perbedaan Produktivitas Kerja Sebelum dan Sesudah Penggunaan Kursi Kerja Ergonomis Pada Pembatik Tulis di Kampoeng Batik Laweyan. Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret.

Latar Belakang : Industri batik di Kampoeng Batik Laweyan termasuk industri  yang bergerak di sektor informal. Dalam membatik, pekerja menggunakan fasilitas kerja berupa kursi kecil atau yang biasa disebut dengan dingklik. Salah satu proses membatik adalah membuat motif batik menggunakan canting. Dalam proses ini, pekerja melakukan sikap kerja duduk menggunakan kursi kerja dalam waktu lama. Kursi yang digunakan pekerja berukuran kecil dan pendek yang tidak sesuai dengan antropometri pekerja sehingga pekerja melakukan pekerjaannya dengan posisi membungkuk yang dapat mengakibatkan keluhan pada punggung. Seseorang yang mengalami keluhan pada punggung tidak dapat bekerja dengan posisi duduk terlalu lama sehingga dapat mengakibatkan produktivitas kerja menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan produktivitas kerja sebelum dan sesudah penggunaan kursi kerja ergonomis pada pembatik tulis di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan rancangan one group pretest and postest experiment design. Jumlah responden dalam penelitian ini dari pembatik tulis yang berada di Kampoeng Batik Laweyan sebanyak 32 pembatik tulis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Intervensi yang diberikan berupa penggunaan kursi kerja ergonomis yang sudah dirancang sesuai dengan antropometri pekerja. Produktivtas kerja diukur satu minggu sebelum menggunakan kursi kerja ergonomis dan satu minggu setelah menggunakan kursi kerja ergonomis. Teknik analisis data menggunakan alternatif uji T berpasangan yaitu uji Wilcoxon dikarenakan data terdistribusi tidak normal.

Hasil : Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p = 0.001 atau nilai p ? 0.05, maka dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara produktivitas kerja sebelum dan sesudah penggunaan kursi kerja ergonomis.

Simpulan : Terdapat perbedaan siginifikan antara produktivitas kerja sebelum dan sesudah penggunaan kursi kerja ergonomis pada pembatik tulis di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta.

×
Penulis Utama : Mira Selvitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216064
Tahun : 2020
Judul : Perbedaan Produktivitas Kerja Sebelum dan Sesudah Penggunaan Kursi Kerja Ergonomis pada Pembatik Tulis di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216064-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isna Qadrijati, dr, M.Kes
2. Mujahidatul Musfiroh, S.Kep., Ns., M.Si.Med
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.