Penulis Utama : Nela Nur Azizah
NIM / NIP : R0216071
×

ABSTRAK

Nela Nur Azizah, R0216071, 2020. Perbedaan Nilai Ambang Dengar pada Pekerja yang Terpapar Kebisingan Di Atas dan Di Bawah NAB Bagian Produksi PT Alis Jaya Ciptatama Klaten, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Pekerja industri mebel kayu merupakan populasi pekerja yang berisiko mengalami peningkatan nilai ambang dengar karena proses produksinya menggunakan mesin-mesin yang menimbulkan kebisingan. Peningkatan nilai ambang dengar terdeteksi pada 4000 Hz dengan ambang dengar lebih dari 25 dB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai ambang dengar pada pekerja yang terpapar kebisingan di atas dan di bawah NAB bagian produksi di PT Alis Jaya Ciptatama Klaten.

Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan studi potong lintang. Subjek penelitian adalah para pekerja bagian produksi di PT Alis Jaya Ciptatama Klaten dengan jumlah populasi sebanyak 62 pekerja pada bagian produksi, 31 pekerja pada Mill 1 dan Mill 2 yang terpapar bising diatas NAB dan 31 pekerja bagian Finishing dan Packing yag terpapar bising dibawah NAB. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa Sound Level Meter dan Audiometer.Uji bivariat menggunakan Uji Chi Square.

Hasil: Dari hasil uji bivariat menggunakan Chi Square menunjukan bahwa ada perbedaan nilai ambang dengar pada kebisingan diatas NAB dan dibawah NAB dengan nilai  p=0,023 (p<0>

Kesimpulan: Ada perbedaan nilai ambang dengar pada pekerja yang terpapar kebisingan di atas dan di bawah NAB bagian produksi di PT Alis Jaya Ciptatama Klaten.

×
Penulis Utama : Nela Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216071
Tahun : 2020
Judul : Perbedaan Nilai Ambang Dengar pada Pekerja yang Terpapar Kebisingan di Atas dan di bawah NAB Bagian Produksi Di PT Alis Jaya Ciptatama Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216071-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
2. Mujahidatul Musfiroh, S.Kep, Ns.,M.Si.Med
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.