Penulis Utama : Rahmawati Setya Agustin
NIM / NIP : R0213047
×

Hubungan Intensitas Kebisingan Dan Masa Kerja dengan Nilai Ambang Pada Pekerja Di Bagian Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar. Skripsi Program D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
 
Latar Belakang : Kebisingan dapat menyebabkan masalah pada pendengaran seperti hilangnya pendengaran. Pekerja di bagian weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa adalah pekerja sektor formal yang rentan terhadap paparan kebisingan dimana sumber kebisingan berasal dari mesin yang beroperasi. Kebisingan yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan nilai ambang dengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas kebisingan dan masa kerja dengan nilai ambang dengar.
Metode : Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling adalah 32 responden dari total 77 pekerja. Teknik analisis data yang digunakan untuk bivariat adalah uji korelasi spearman dan multivarit adalah uji regresi logistik.
Hasil : Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara intensitas kebisingan terhadap nilai ambang dengar telinga kanan (p value  =0.009) dan nilai ambang dengar telinga kiri (p value =0.038). Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara masa kerja terhadap nilai ambang dengar telinga kanan (p value =0.038) dan nilai ambang dengar telinga kiri (p value =0.021). Hasil analisis data uji regersi logistik variabel yang lebih berpengaruh adalah intesitas kebisingan terhadap nilai ambang dengar telinga kanan (nilai OR = 12,752) dan nilai ambang dengar telinga kiri (nilai OR = 10,583).
 
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas kebisingan dan masa kerja dengan nilai ambang pada pekerja di bagian weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar. Variabel yang lebih berpengaruh terhadap nilai ambang dengar adalah intensitas kebisingan.
 
Kata Kunci : Intensitas Kebisingan, Masa Kerja, Nilai Ambang Dengar, Pekerja

×
Penulis Utama : Rahmawati Setya Agustin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0213047
Tahun : 2017
Judul : Hubungan intensitas kebisingan dan masa kerja terhadap nilai ambang dengar pada pekerja di Bagian Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0213018-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tutug Bolet Atmojo, S.KM., M.Si.
2. Haris Setyawan, S.KM., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.