Penulis Utama : Elizabeth Putri Sutrisno
NIM / NIP : E0016143
×

ABSTRAK

ELIZABETH PUTRI SUTRISNO, E0016143. 2020. PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HAK ATAS KENYAMANAN, KEAMANAN, DAN KESELAMATAN BAGI KONSUMEN KULINER MAKANAN BERBAHAN BAKU DAGING ANJING DI KOTA SURAKARTA BERDASARKAN

UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penulisan hukum ini mendeskripsikan mengenai pelaksanaan perlindungan hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi konsumen kuliner makanan berbahan baku daging anjing di Kota Surakarta. Ada dua poin yang menjadi pokok permasalahan yaitu, bagaimana perlindungan hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi konsumen kuliner makanan berbahan baku daging anjing berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, kemudian kendala pemerintah Kota Surakarta khususnya Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta dalam upaya perlindungan hak atas keamanan bagi konsumen kuliner makanan berbahan baku daging anjing.

Penelitian hukum ini menggunakan metode penelitian empiris. Penelitian ini dilakukan dengan mengolah data-data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta serta konsumen dari kuliner makanan berbahan baku daging anjing. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka yang berkaitan dengan peraturan perundang-undangan, penelitian, dan jurnal yang telah ada.

Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, diperoleh hasil bahwa hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi konsumen kuliner makanan berbahan baku daging anjing tidak terpenuhi karena tidak ada jaminan terhadap daging anjing yang digunakan sebagai bahan baku makanan. Sebagai badan yang ditunjuk pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen daging, Dinas pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta melaksanakan beberapa upaya perlindungan. Kemudian pada pelaksanaannya, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta mengalami beberapa kendala yang berasal dari beberapa faktor yaitu, faktor hukum, faktor sarana prasarana, faktor penegak hukum, faktor masyarakat, dan faktor budaya.

Kata Kunci : DAGING ANJING SEBAGAI BAHAN BAKU KULINER MAKANAN, PELAKSANAAN, PERLINDUNGAN KONSUMEN, KENDALA, DINAS PERTANIAN, KETAHANAN PANGAN, DAN PERIKANAN KOTA SURAKARTA.

×
Penulis Utama : Elizabeth Putri Sutrisno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016143
Tahun : 2020
Judul : Pelaksanaan Perlindungan Hak Atas Kenyamanan, Keamanan, Dan Keselamatan Bagi Konsumen Kuliner Makanan Berbahan Baku Daging Anjing Di Kota Surakarta Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016143-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wasis Sugandha, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.