Penulis Utama : Cindy Amalia Sari
NIM / NIP : E0016109
×

ABSTRAK

Cindy Amalia Sari. 2020. E0016109. Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gayam Sebagai Perwujudan Good Governance Ditinjau Dari Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimana peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gayam sebagai perwujudan good governance ditinjau dari Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 6 Tahun 2009 tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan. Kedua, bagaimana faktor yang mempengaruhi peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gayam sebagai perwujudan good governance ditinjau dari Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 6 Tahun 2009 tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan.
Penelitian ini adalah penelitian hukum nondoktrinal atau socio-legal research bersifat deskriptif. Jenis dan sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder dimana sumber data sekunder dibagi lagi menjadi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen atau bahan pustaka, instrumen penelitian berupa hasil wawancara dengan pihak terkait serta Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan ditambah dengan berbagai peraturan yang terkait. Selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gayam (LPM Kelurahan Gayam) merupakan lembaga yang sah serta dapat digunakan sebagai salah satu penerapan good governance di Indonesia melalui perannya dalam pemerintahan khususnya pada tingkat kelurahan.Hal ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan program kerja LPM yang dilatarbelakangi peran LPM Kelurahan Gayam yaitu sebagai mitra kelurahan dimana didasarkan pada faktor gotong royong.

Kata Kunci : LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, GOOD GOVERNANCE,PERATURAN DAERAH

×
Penulis Utama : Cindy Amalia Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016109
Tahun : 2020
Judul : Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gayam Sebagai Perwujudan Good Governance Ditinjau Dari Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016109-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suranto, S.H., M.H
2. Adriana Grahani Firdausy, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.