Penulis Utama : Indra Haning Pratama
NIM / NIP : F0316048
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage dan komisaris independen terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini menggunakan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Pada penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai sampel dengan periode pengamatan selama 4 tahun (2015-2018).
Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapat95 perusahaan dengan total 380 observasi.Pada penelitian ini, penghindaran pajak diukur dengan Effective Tax Rate (ETR). Leverage diukur dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER). Sementara komisaris independen diukur dengan persentase antara total komisaris independen dibagi total dewan komisaris, dan ukuran perusahaan diukur dengan total aset. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan bantuan program aplikasi Eviews 10.
Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak. Sementara, komisaris independen berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak.


Kata Kunci: leverage, komisaris independen, ukuran perusahaan, penghindaran pajak

×
Penulis Utama : Indra Haning Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0316048
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Leverage dan Komisaris Independen terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Akuntansi-F0316048-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Eko Arief Sudaryono M.Si, Ak.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.