Penulis Utama : Anandita Reza Ekaputra
NIM / NIP : E0016052
×

ABSTRAK
Anandita Reza Ekaputra. 2020. E0016052. PERLINDUNGAN HUKUM KARYA CIPTA LAGU YANG DINYANYIKAN ULANG (COVER SONG) PADA PLATFORM YOUTUBE DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. Penelitian Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai aspek yuridis suatu karya cipta lagu yang dinyanyikan ulang atau cover song yang melanggar hak cipta dan diunggah pada platform Youtube yang dikaitkan dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tantang Hak Cipta serta perlindungan hukum bagi pencipta dan/atau pemegang hak cipta atas karya cipta lagunya yang dunyanyikan ulang (cover song) Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual serta pendekatan kasus dengan menggunakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan bahan hukum menggunakan teknik studi pustaka. Teknik analisis bahan hukum adalah menganalisis hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan teori-teori yang ada dalam tinjauan pustaka.
Hadirnya internet membuat setiap orang leluasa untuk melakukan apapun dengan mudah. Salah satunya adalah melakukan pengumuman karya cipta lagu dan/atau musik. Youtube merupakan salah satu platform yang paling diminati banyak orang karena tidak hanya menyalurkan minat dan bakat saja, para uploader juga bisa mencari uang disana. Dengan adanya komersialisasi pada Youtube, uploader dengan mudah mendapat keuntungan dari video yang diunggahnya, dengan cara memasangkan iklan (Adsense). Tidak sedikit orang yang akhirnya muncul pada Youtube dengan membuat konten berupa cover song untuk mengekspresikan jiwa seninya. Namun, banyak pelaku cover song yang  belum paham mengenai sanksi yang akan diterimanya apabila mereka melakukan cover song tanpa seizin pencipta dan/atau pemegang hak cipta yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Disisi lain, Youtube juga memiliki sistem kurang baik sehingga masih terdapat celah bagi para pelaku cover song untuk lolos dari pengecekan konten terkait dengan hak ciptanya.

Kata Kunci: COVER SONG, HAK CIPTA, PERLINDUNGAN HUKUM, YOUTUBE

×
Penulis Utama : Anandita Reza Ekaputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016052
Tahun : 2020
Judul : Perlindungan Hukum Karya Cipta Lagu Yang Dinyanyikan Ulang (Cover Song) Pada Platform Youtube Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Ilmu Hukum- E0016052-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.