Penulis Utama : Agung Pandu Winasis
NIM / NIP : E0016018
×

ABSTRAK
Agung Pandu Winasis. E0016018. 2020. PERLINDUNGAN HUKUM DAN PENGAWASAN TERHADAP PEKERJA PEREMPUAN YANG BEKERJA MALAM HARI OLEH DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN TEMANGGUNG. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimana perlindungan hukum dan pengawasan terhadap pekerja perempuan yang bekerja malam hari oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung. Kedua, apa hambatan pegawai pengawas Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung dalam melaksanakan perlindungan hukum dan pengawasan terhadap pengusaha yang mempekerjakan pekerja perempuan malam hari.
Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Jenis data primer meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang dilakukan dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung, Satuan Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah Magelang, dan pekerja perempuan yang bekerja malam hari itu sendiri. serta studi dokumen atau studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif dengan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama pekerja perempuan belum sepenuhnya mendapatkan perlindungan hukum dengan dibuktikan masih terdapat pengusaha/majikan yang tidak menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti tidak menyediakan angkutan antar jemput, tidak menyediakan makan dan minum bergizi tetapi menggantinya dengan uang dan kalaupun menyediakan makan dan minum belum memenuhi 1.400 kalori. Kedua terdapat beberapa kendala yang dialami ketika dalam melakukan pengawasan yaitu berupa hambatan yang bersifat internal dan eksternal.
Kata Kunci: PERLINDUNGAN HUKUM, PENGAWASAN, PEKERJA PEREMPUAN YANG BEKERJA MALAM HARI, DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN TEMANGGUNG

×
Penulis Utama : Agung Pandu Winasis
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016018
Tahun : 2020
Judul : Perlindungan Hukum Dan Pengawasan Terhadap Pekerja Perempuan Yang Bekerja Malam Hari Oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Ilmu Hukum- E0016018-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wida Astuti, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.