Penulis Utama : Dheasrika Fernanda Ebrilianti
NIM / NIP : K8415019
×

Abstrak

Pembangunan merupakan perubahan sosial yang direncanakan dalam lingkup politik, sosial, ekonomi, dan teknologi. Desa Sambongrejo memiliki nilai Indeks Desa Membangun (IDM) sebesar 0,5916 dan tercatat sebagai desa tertinggal  di  Kabupaten  Blora.  Sebagai  desa  adat  Sedulur  Sikep  memiliki pemimpin informal yang berperan penting di dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran ketua adat Sedulur Sikep dalam meningkatkan pembangunan masyarakat di Desa Sambongrejo. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Teknik pengambilan informan dilakukan dengan purposive sampling.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan  dokumentasi.  Validitas  data menggunakan  triangulasi  sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dari Miles  dan  Huberman.  Teori  yang  digunakan  adalah  teori  struktural fungsionalisme Radcliffe Brown. Hasil temuan penelitian ini adalah peran ketua adat dalam meningkatkan pembangunan meliputi fisik maupun non fisik. Peran ketua adat sebagai perencana pembangunan, sebagai stakeholder dalam infrastruktur masyarakat, sebagai pelestari nilai-nilai budaya. Adapun akibat dari peran yang dilaksanakan ketua adat berdampak pada peningkatan solidaritas masyarakat, peningkatan pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kata Kunci: Peran, Ketua Adat, Pembangunan, Fisik, Non Fisik

 

×
Penulis Utama : Dheasrika Fernanda Ebrilianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8415019
Tahun : 2020
Judul : Peran Ketua Adat Sedulur Sikep Dalam Meningkatkan Pembangunan Masyarakat di Desa Sambongrejo (Studi Kasus Masyarakat Samin Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8415019-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sigit Pranawa, M.Si.
2. Dr.rer.nat.Nurhadi, S.Ant, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.