Penulis Utama : Nur Raeda Fitria Anggraeni
NIM / NIP : K8412061
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perubahan social yang ada dalam ragam mata pencaharian yang ada dalam masyarakat Sedulur Sikep. Kemudian dari sana peneliti ingin mengetahui apakah perubahan ini membawa dampak atau tidak terhadap lunturnya, warisan Ajaran Samin Surosentiko sendiri.
Penelitian ini sendiri akan berlangsung di desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Dan berpusat diwilayah pemukiman Sedulur Sikep yang cenderung sudah menyendiri dan berkelompok jika dibandingkan dengan wilayah pemukiman warga desa yang lain. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara  secara  mendalam  dengan  beberapa  orang  yang  dijadikan  sampel dalam penelitian setelah memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang disusun oleh peneliti ketika masih dalam proses penelitian.
Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut, Masyarakat Sedulur Sikep atau juga akrab disebut sebagai Samin ini, telah melakukan berbagai macam perubahan dalam mata pencaharian mereka. Hal ini disebabkan oleh himpitan ekonomi, dan desakan dari situasi dan kondisi disekitar mereka. Dimana dijaman sekarang ini, hampir setiap lapisan masyarakat telah melakukan perubahan dalam rangka untuk bertahan hidup.

Kata Kunci : Perubahan Sosial, Samin, Sedulur Sikep, Budaya, Melestarikan

 

×
Penulis Utama : Nur Raeda Fitria Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412061
Tahun : 2019
Judul : Perubahan Sosial Dalam Ragam Mata Pencaharian di Masyarakat Suku Samin” (Studi Fenomenologi pada Masyarakat Suku Samin di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi - K8412061 - 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siany Indria L., S.Ant, M.Hum.
2. Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambnag
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.