Penulis Utama : Dyah Kuntari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517022
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Penerbitan Surety Bond Jenis Jaminan Pelaksanaan di Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia Kantor Cabang Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517022-2020
Subyek : SURETY BOND, JAMINAN PELAKSANAAN, PERUM JAMKRINDO KANTOR CABANG SOLO
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pembangunan infrastruktur merupakan hal yang penting dan mendasar dalam suatu negara. Agar pembangunan infrastruktur berhasil dengan baik dalam pelaksanaan pembangunan, maka pemerintah mengeluarkan produk penjaminan Surety Bond yang diterbitkan oleh Perusahaan Asuransi atau Penjaminan (surety) yang dapat digunakan oleh kontraktor untuk menjamin terlaksananya proyek antara kontraktor dan pemilik proyek. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penerbitan Surety Bond jenis Jaminan Pelaksanaan di Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia Kantor Cabang Solo atau Perum Jamkrindo Cabang Solo. Metode yang digunakan dalam pengamatan ini yaitu kualitatif dengan menggunakan observasi berperan aktif, pengamat ikut berperan langsung dilapangan dan mengetahui kenyataan-kenyataan dalam melakukan aktivitas yang berkaitan dengan penerbitan Surety Bond. Pengamat juga melakukan pengumpulan data dengan teknik wawancara dengan Kepala Bagian Bisnis Penjaminan dan Sub Bagian Bisnis Penjaminan Surety Bond Perum Jamkrindo Cabang Solo, observasi berperan aktif di lapangan selama 1 (satu) bulan, serta mengkaji dokumen yang berkaitan dengan penerbitan Surety Bond.
Hasil dari pengamatan yaitu prosedur penerbitan Surety Bond jenis Jaminan Pelaksanaan di Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia Kantor Cabang Solo dilakukan dengan baik, dimulai dari kontraktor atau calon terjamin (principal) mengajukan penerbitan Surety Bond, mengisi Form Permohonan Surety Bond, lalu Sub Bagian Bisnis Penjaminan Surety Bond melakukan  pengumpulan data dan informasi serta melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen. Setelah dokumen sudah diterima dengan lengkap lalu dianalisa penetapan plafond calon principal/terjamin, analisa tersebut dengan melakukan komite untuk mempertimbangkan kelayakan calon principal/terjamin. Apabila layak lalu dilakukan penerbitan Sertifikat Penjaminan (SP) Jaminan Pelaksanaan dengan melakukan input data ke sistem aplikasi yang tersedia untuk penerbitan Surety Bond di Perum Jaminan Kredit Indonesia Kantor Cabang Solo.

Kata Kunci : Surety Bond, Jaminan Pelaksanaan, Perum Jamkrindo Kantor Cabang Solo

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
3. Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah Dyah Kuntari D1517022.pdf
4. Halaman Judul.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiyas Nur Haryani, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi