Penulis Utama : Zulfa Ainun Fu’adah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517100
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Klaim Kredit Usaha Rakyat Generasi II Bank BRI di Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia Kantor Cabang Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517100-2020
Subyek : KLAIM PENJAMINAN KUR, GENERASI II, BANK BRI, PERUSAHAAN UMUM JAMINAN KREDIT INDONESIA KANTOR CABANG SOLO
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan pembiayaan modal kerja kepada debitor yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan masih belum cukup. Pada praktik pembiayaan kredit juga ditemui beberapa masalah yang dihadapi oleh UMKMK yaitu kegagalan dalam mengembalikan kewajiban yang seharusnya diberikan kepada lembaga perbankan atau lembaga pembiayaan kredit yang disebabkan oleh UMKMK yang gagal. 
Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia sebagai lembaga penjaminan kredit memiliki misi meningkatkan aksesibilitas finansial UMKMK, melalui program peningkatan pelayanan dan penyediaan produk penjaminan yang inovatif dan kompetitif.   Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur klaim Kredit Usaha Rakyat Generasi II Bank BRI pada Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia  Kantor Cabang Solo, berkas apa saja yang dibutuhkan dan kendala apa yang dihadapi. 
Pengamatan yang digunakan penulis untuk tugas akhir ini adalah dengan observasi berperan penuh pada Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia  Kantor Cabang Solo, proses pengumpulan data dilakukan selama kegiatan magang berlangsung, penulis mewawancarai beberapa pihak untuk dijadikan sebagai informan, pihak tersebut yaitu Plt. Kepala Bagian klaim, staf bagian klaim dan subrogasi, staf bagian penjaminan, penulis juga mencari refrensi dari perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Proses pengajuan klaim meliputi penerimaan dan pencatatan berkas, pemeriksaan berkas klaim dan entry data, analisis klaim, pelaksanaan komite klaim, entry data keputusan klaim, pembuatan surat keputusan klaim, pembayaran klaim, dan pend okumentasian dan pembuatan laporan. Proses tersebut dilaksanakan secara efektif dan efisien oleh staf yang sudah berkompetensi di bidangnya.

Kata kunci : Klaim penjaminan KUR, Generasi II, Bank BRI, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia  Kantor Cabang Solo

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat persetujuan.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiyas Nur Haryani S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi