Penulis Utama : Shavira Rahayu Kusumaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517085
Tahun : 2020
Judul : Sistem Informasi Pengadaan Barang Dan Jasa Melalui E-Procurement di PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517085-2020
Subyek : SISTEM INFORMASI, PENGADAAN BARANG DAN JASA, E-PROCUREMENT
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Surakarta mempunyai berbagai macam aktivitas dalam menunjang keberjalanan perusahaan, salah satunya yaitu pengadaan barang dan jasa. Dalam keberjalanannya kebutuhan perusahaan akan semakin mengalami peningkatan dan vendor yang dibutuhkan juga tidak hanya berada didaerah surakarta dan sekitarnya, maka dari itu proses kegiatan pengadaan barang dan jasa yang semula konvensional dengan vendor harus datang ke kantor untuk menyerahkan semua berkas persyaratan beralih menjadi elektronik yaitu vendor yang ingin ikut pelelangan cukup memenuhi segala persyaratan secara online melalui E-Procurement. Pengamatan dalam Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sistem Informasi pengadaan barang dan jasa melalui E-Procurement di PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

Jenis Pengamatan yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini yaitu pengamatan langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipatif, wawancara, mengkaji dokumen dan arsip dan trianggulasi teknik. Proses yang dilakukan penulis dalam pengamatan meliputi mengamati sistem yang digunakan perusahaan dan berpartisipasi dalam proses pengadaan barang dan jasa melalui E-Procurement yang berada di divisi Procurement Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

Hasil dari pengamatan mendeskripsikan bahwa sistem informasi pengadaan barang dan jasa melalui E-Procurement di PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Surakarta digunakan untuk memudahkan proses pengadaan barang dan jasa secara elektronik, penerapan pengadaan barang dan jasa secara elektronik melalui E-Procurement memiliki efek yang baik, karena didalam satu situs sudah mencakup semua kegiatan proses pengadaan barang dan jasa, selain itu fungsi E-Procurement juga sebagai pengarsipan dokumen pelelangan. Vendor dan admin dapat mengakses langsung di laman E-Procurement PT Angkasa Pura I (Persero). Sistem informasi E-Procurement terdapat beberapa komponen guna menunjang keberlangsungan sistem tersebut yakni komponen: 1) Sumber Daya Manusia, 2) Sumber Daya Perangkat Keras, 3) Sumber Daya Perangkat Lunak, 4) Sumber Daya Data, dan 5) Sumber Daya Jaringan, komponen-komponen yang ada saling melengkapi dan berkesinambungan.

Kata kunci: Sistem Informasi, Pengadaan Barang dan Jasa, E-Procurement

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Awal (1-15) Draft TA_Shavira Rahayu Kusumaningrum_D1517085.pdf
Bab I (16-25) Draft TA_Shavira Rahayu Kusumaningrum_D1517085.pdf
Bab II (26-42) Draft TA_Shavira Rahayu Kusumaningrum_D1517085.pdf
Bab III (43-55) Draft TA_Shavira Rahayu Kusumaningrum_D1517085.pdf
Bab IV (56-125) Draft TA_Shavira Rahayu Kusumaningrum_D1517085.pdf
Bab V (126-127) Draft TA_Shavira Rahayu Kusumaningrum_D1517085.pdf
Daftar Pustaka (128-130) Draft TA_Shavira Rahayu Kusumaningrum_D1517085.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irsyadul Ibad, S.AB, M.ed, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi