Penulis Utama : Diyan Purnamasari
NIM / NIP : D1514035
×

ABSTRAK

Pengadaan  barang  dan  atau  jasa  merupakan  kegiatan  untuk  memperoleh barang atau jasa yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan hingga diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh barang dan atau jasa tersebut baik melalui swakelola maupun melalui pemilihan penyedia barang atau jasa. Dalam prosedur pengadaan barang dan jasa akan dilakukan susunan proses pengadaan barang maupun jasa untuk mendapatkan barang maupun jasa yang sesuai dengan strategi PT. Angkasa Pura I (Persero) kantor cabang bandar udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta tetapkan yaitu dengan tepat kualitas, tepat kuantitas, tepat waktu, tepat sumber dan tepat harga.
Pengamatan ini dilakukan dengan observasi berperan aktif yaitu peneliti tidak bersikap pasif hanya sebagai pengamat, tetapi memainkan berbagai peran yang dimungkinkan dalam situasi yang berkaitan dengan penelitinya dengan mempertimbangkan posisi yang bisa memberi akses yang bisa diperolehnya untuk bisa dimanfaatkan bagi pengumpulan data yang lengkap dan mendalam. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara siklus, mulai dari tahap pengumpulan data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan dan ikut serta berpartisipasi pada sub Bagian Procurement Section Head PT. Angkasa Pura I (Persero) di Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan PT. Angkasa Pura I (Persero) di Kantor  Cabang  Bandar  Udara  Internasional  Adi  Soemarmo  Surakarta  dilakukan dengan tahap prakualifikasi berdasarkan Kep.84/PL.02/2015. Tahap-tahap prosedur Pengadan barang dan jasa adalah dari pengumuman pelelangan, prakualifikasi, undangan melalui VMS (Vendor Management System), Unggah Dokumen, Pendaftaran oleh peserta lelang, download dokumen oleh peserta lelang, Aanwijzing, lalu rapat dari pembukaan dokumen penawaran hingga evaluasi kewajaran harga , lalu rapat hasil pelelangan, penetapan pemenang, pengumuman penetapan pemenang, sanggah, usulan surat penunjukan, penerbitan Purchasing Order (PO).
Kesimpulan dari tugas akhir ini yaitu Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa PT. Angkasa Pura I (Persero) di Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo  Surakarta  sesuai  dengan  pedoman  Keputusan  PT.  Angkasa  Pura  I (Persero)  Nomor  :  Kep.84/PL.02/2015,  Peraturan  Republik  Indonesia  Nomor  54 Tahun 2010 dan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 70 Tahun 2012, sehingga Urutan proses hingga hasil pelelangan pengadaan barang dan jasa sudah mengikuti alur  yang  ada,  jadi  tidak  menyalahgunakan  aturan  untuk  melakukan  Pengadaan Barang dan Jasa.

Kata kunci : Prosedur, Pengadaan Barang dan Jasa.

 

×
Penulis Utama : Diyan Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514035
Tahun : 2017
Judul : Prosedur pengadaan barang dan jasa PT. Angkasa pura I (PERSERO) di Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514035-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jamil S.Sos, MM.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.