Penulis Utama : Detria Nur Aini Sutrisno
NIM / NIP : K7117050
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian dan sosial guru dalam sikap disiplin pada pembelajaran PPKn peserta didik kelas I SD Negeri Tegalrejo No. 98 Tahun Ajaran 2020/2021. Tujuan ini penting dalam menghadapi perkembangan zaman di mana aspek yang dominan adalah sikap atau afektif. Permasalahan yang dihadapi pada abad 21 mengarah kepada krisis sikap, sehingga sikap disiplin peserta didik harus ditanamkan sejak usia dini.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Penelitian ini merekomendasikan penelitan lainnya tentang kompetensi guru dalam menerapkan sikap disiplin. Guru dan peserta didik kelas I SD Negeri Tegalrejo No. 98 yang berjumlah 14 peserta didik menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini berdasarkan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data dengan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian memperlihatkan kompetensi kepribadian dan sosial guru sudah baik dalam menerapkan sikap disiplin peserta didik, namun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Penerapan sikap disiplin dilaksanakan melalui pembelajaran daring. Guru sudah memenuhi indikator kompetensi sosial dan kepribadian. Hal ini terlihat dari cara guru berinteraksi kepada peserta didik dan pemberian contoh sikap maupun tutur kata yang baik kepada peserta didik. Guru menunjukkan kepribadian yang arif dan bijaksana dalam kegiatan pembelajaran dan menyelesaikan dengan baik masalah yang dialami peserta didik. Indikator yang sudah terpenuhi yakni tepat waktu dalam melaksanakan pembelajaran, melaksanakan presensi pada google form, pengumpulan tugas pada google form dan mematuhi aturan yang berlaku di sekolah. Indikator pengumpulan tugas secara langsung di sekolah belum terpenuhi dan masih terdapat kendala jaringan saat pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan menambah wawasan ilmu bagi guru, sekolah dan peneliti lain dalam menerapkan sikap disiplin peserta didik melalui pembelajaran PPKn materi hidup tertib.

Kata Kunci: kompetensi kepribadian dan sosial guru, disiplin, sekolah dasar, pembelajaran PPKn.

 

×
Penulis Utama : Detria Nur Aini Sutrisno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117050
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru dalam Menerapkan Sikap Disiplin (Penelitian Kualitatif pada Pembelajaran PPKn Materi Hidup Tertib Peserta Didik Kelas I SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117050 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd.
2. Dwi Yuniasih Saputri, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.