Penulis Utama : Titis Arum Widiastuti
NIM / NIP : K7117220
×

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis profil keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas V.3 di SDN Mangkubumen Lor No.15 tahun ajaran 2020/2021. Keterampilan berpikir kreatif menekankan pada kemampuan membuat beragam jawaban dari sebuah permasalahan, membuat jawaban atau cara yang berbeda dari sebelumnya, dan membuat jawaban yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain. Keterampilan berpikir kreatif diperlukan peserta didik dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari pada abad 21.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan 6 peserta didik kelas V.3 SDN Mangkubumen Lor No.15 tahun ajaran 2002/2021. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik validasi data triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan menggunakan model analisis interaktif Miles-Huberman.Analisis data ini terdiri dari empat komponen pokok yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil keterampilan berpikir kreatif di SDN Mangkubumen Lor No.15 berada pada kriteria kreatif. Persentase profil keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPA kelas V.3 SDN Mangkubumen Lor No. 15 sebesar  77,59 %. Adapun persentase setiap indikatornya sebagai berikut. Pada indikator fluency (berpikir lancar) persentase yang diperoleh sebesar 83,33%. Pada indikator flexibility (berpikir luwes) persentase yang diperoleh sebesar 77,78%. Pada indikator originality (berpikir orisinalitas) persentase yang diperoleh adalah 66,67%. Indikator yang paling dominan adalah indikator fluency.

Kata Kunci : keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran IPA, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Titis Arum Widiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117220
Tahun : 2020
Judul : Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas V (Penelitian Kualitatif di SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 Laweyan, Kota Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117220 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
2. Dwi Yuniasih Saputri, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.