Penulis Utama : Fatma Santi Sundari
NIM / NIP : K7116059
×

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi antara model pembelajaran kooperatif tipe Lesson Study dengan model pembelajaran Direct Instruction (2) Mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dengan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini ialah peserta didik kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.
Populasi penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih ialah SD Negeri Tegalrejo dan SD Negeri Dukuhan KertenNo. 58. Penelitian ini menerapkan  metode penelitian Quasi Eksperimental desain 2 x 2 faktorial. Teknik pengumpulan data menerapkan teknik tes soal uraian  keterampilan menulis teks eksplanasi dan angket minat belajar untuk minat belajar. Teknik analisis data yang diterapkan ialah Analisis Variansi Dua Jalan dengan taraf signifikansi 0,05.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi antara peserta didik yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Lesson Study dan model pembelajaran Direct Instruction dengan nilai FA = 4,63 > Ftabel = 4,00; (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah dengan nilai FB = 4,056 > Ftabel = 4,00; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi dengan nilai FAB = 0,42 < Ftabel>

Kata kunci : Lesson Study, Direct Instruction, minat belajar, keterampilan menulis teks eksplanasi, sekolah dasar.

 

×
Penulis Utama : Fatma Santi Sundari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116059
Tahun : 2020
Judul : Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Lesson Study dan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Ditinjau dari Minat Belajar (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116059-2020
Kata Kunci : Lesson Study, Direct Instruction, minat belajar, keterampilan menulis teks eksplanasi, sekolah dasar.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd
2. Joko Daryanto, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.