Penulis Utama : Leny Karismawati
NIM / NIP : K7117127
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas belajar Bahasa Indonesia Tema 5 di rumah selama pandemi COVID-19 siswa kelas IV SD Negeri Pajang 4 Surakarta, untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi selama pelaksanaan aktivitas belajar Bahasa Indonesia Tema 5 di rumah selama pandemi COVID-19 siswa kelas IV SD Negeri Pajang 4 Surakarta, dan untuk mendeskripsikan solusi dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan aktivitas belajar Bahasa Indonesia Tema 5 di rumah selama pandemi COVID-19 siswa kelas IV SD Negeri Pajang 4 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Pajang 4 yang berjumlah 26 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Validitas menggunakan Teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis studi kasus. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Prosedur penelitian menggunakan tiga tahap yaitu tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan pekerjaan di lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil penelitian ini yaitu pada aktivitas melihat diperoleh kategori tinggi dengan jumlah sebanyak 16 peserta didik. Pada indikator berbicara diperoleh kategori tinggi dengan jumlah sebanyak 12 peserta didik. Untuk kategori aktivitas mendengarkan diperoleh kategori tinggi dengan jumlah peserta didik sebanyak 17 peserta didik. Pada indikator aktivitas menulis diperoleh kategori tinggi dengan jumlah peserta didik sebanyak 17 peserta didik. Dan yang terakhir adalah aktivitas motorik diperoleh kategori tinggi dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 peserta didik. Permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaaan aktivitas belajar adalah kurangnya pemantauan dari orang tua selama di rumah, peserta didik yang malas dalam belajar, dan guru kurang maksimal dalam memberikan materi. Solusi yang dari permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pengarahan kepada orang tua, memberikan nasihat kepada peserta didik, dan memberikan materi tambahan.

Kata kunci: Analisis, aktivitas, belajar, Bahasa Indonesia, peserta didik, pandemi COVID-19

 

×
Penulis Utama : Leny Karismawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117127
Tahun : 2020
Judul : Analisis Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia Tema 5 di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Pajang No. 4 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117127 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M.Pd.
2. Drs. Muhammad Ismail Sriyanto, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.