Penulis Utama : Ukhtia Amalia Zahrah
NIM / NIP : K7117226
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa sajakah macam-macam gaya belajar, hambatan pada gaya belajar, dan analisis dari gaya belajar di rumah selama pandemi COVID-19 dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pajang 4 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah sebagian peserta didik di kelas V dan guru kelas V.Teknik purposive sampling dipilih sebagai teknik yang digunakan dalam penelitian ini.Penelitian ini dilakukan pada semester 1 menggunakan angket yang disebar pada peserta didik melalui google form. Selain angket, peneliti juga melakukan wawancara dengan guru kelas V dan dokumentasi untuk mendukung penelitian. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik yang berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi serta triangulasi waktu.
Pada penelitian ini hambatan yang ditemukan yaitu sulitnya peserta didik dalam menerapkan gaya belajar karena pembelajaran daring dan fasilitas belajar yang masih kurang memadai. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa peserta didik kelas V SD Negeri Pajang 4 Surakarta yang memilih gaya belajar auditori memiliki persentase sebesar 20%. Lalu peserta didik dengan kecenderungan gaya belajar visual memiliki persentase sebesar 33,33%. Seperti yang sudah dijelaskan, tidak ada peserta didik yang mempunyai gaya belajar kinestetik. Sementara,gaya belajar gabungan antara auditorial dan visual memiliki persentase tertinggi yaitu sebesar 46,66%. Gaya belajar yang paling dominan pada peserta didik kelas V SD Negeri Pajang 4 Surakarta yaitu menggunakan gaya belajar gabungan auditorial dan visual. Implikasi yang diharapkan peneliti yaitu hasil penelitian ini dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai gaya belajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia serta dapat dijadikan sebagai bahan untuk melakukan kajian penelitian selanjutnya.

Kata kunci : gaya belajar, pembelajaran online, bahasa Indonesia, COVID-19

 

×
Penulis Utama : Ukhtia Amalia Zahrah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117226
Tahun : 2020
Judul : Analisis Gaya Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19 dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri Pajang 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117226 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M.Pd.
2. Drs. Muhammad Ismail Sriyanto, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.