Penulis Utama : Azka Asmadiwati
NIM / NIP : F3117007
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi risiko supply chain pada produk furnitur serta mitigasi yang dilakukan di UD Sentana Art Wood. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa terdapat masalah pada pemenuhan bahan baku yang sering terlambat, kemudian berdampak pada kemunduran jadwal proses produksi sehingga jadwal pengiriman pesanan ke buyer menjadi mundur.

Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode ANP (Analytic Network Process) dan FMEA (Failure Mode Effect Analysis). Metode ini akan memudahkan dalam mengetahui dan menganalisis risiko tertinggi dalam supply chain pada produk furnitur melalui pembobotan kuesioner.

Hasil penelitian ini pada kedua metode tersebut dilakukan integrasi sehingga diperoleh hasil nilai WRPN (Weighted Risk Priority Number) sebesar
146,54952. Mitigasi risiko yang dilakukan yaitu memperbanyak supplier, rutin memberikan pelatihan kepada karyawan serta melakukan briefing, membuat SOP (Standar Operasional Prosedur), dan merawat mesin agar tidak cepat rusak.

Kata kunci: Supply Chain, Risiko Supply Chain, ANP, FMEA

 

×
Penulis Utama : Azka Asmadiwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3117007
Tahun : 2020
Judul : Analisis Risiko Supply Chain UD Sentana Art Wood pada Produk Furnitur dengan Metode Analytic Network Process dan Failure Mode Effect Analysis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS - Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Manajemen Perdagangan - F3117007 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.