Penulis Utama : Rani Nur Istiqomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0416054
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Kapasitas Petani Bunga Potong di Kawasan Desa Wisata Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - H0416054 - 2021
Subyek : PETANI BUNGA POTONG, DESA WISATA BERJO, NGARGOYOSO, KARANGANYAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal, merumuskan strategi, dan memberikan rekomendasi kegiatan yang tepat sebagai strategi pengembangan kapasitas petani bunga potong di kawasan Desa Wisata Berjo. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja di kawasan Desa Wisata Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Proses perumusan strategi pengembangan dilakukan menggunakan analisis matriks IFE, EFE, IE, dan SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian, pada analisis matriks IFE diperoleh nilai tertimbang sebesar 2,32 dan matriks EFE sebesar 3,08. Pada analisis matriks IE menunjukkan usaha petani bunga potong Desa Berjo berada pada posisi sel II dengan strategi terbaik yang dapat diterapkan adalah strategi tumbuh dan dibangun. Hasil analisis matriks SWOT diperoleh 7 strategi yaitu; peningkatan kesadaran dan wawasan petani terhadap pemanfaatan potensi sumber daya lokal yang ada, penguatan dukungan kepada petani untuk meningkatkan partisipasi dalam peningkatan produksi usaha budidaya bunga potong, peningkatan fungsi kelompok tani sebagai media belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi bersama, peningkatan keterampilan petani dalam pengembangan produk, peningkatan manajemen usaha petani, perluasan jaringan mitra dan pasar, serta peningkatan kapasitas petani dibidang pemasaran baik secara offline maupun online, dan 17 rekomendasi kegiatan dalam bentuk sosialisai, penyuluhan, pelatihan, pemberian bantuan dan pendampingan, studi banding, serta membuka kemitraan dan usaha bersama di dalam kegiatan kelompok secara rutin dan aktif.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S
2. Dr. Suminah, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian