Penulis Utama : Rani Nur Istiqomah
NIM / NIP : H0416054
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal, merumuskan strategi, dan memberikan rekomendasi kegiatan yang tepat sebagai strategi pengembangan kapasitas petani bunga potong di kawasan Desa Wisata Berjo. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja di kawasan Desa Wisata Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Proses perumusan strategi pengembangan dilakukan menggunakan analisis matriks IFE, EFE, IE, dan SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian, pada analisis matriks IFE diperoleh nilai tertimbang sebesar 2,32 dan matriks EFE sebesar 3,08. Pada analisis matriks IE menunjukkan usaha petani bunga potong Desa Berjo berada pada posisi sel II dengan strategi terbaik yang dapat diterapkan adalah strategi tumbuh dan dibangun. Hasil analisis matriks SWOT diperoleh 7 strategi yaitu; peningkatan kesadaran dan wawasan petani terhadap pemanfaatan potensi sumber daya lokal yang ada, penguatan dukungan kepada petani untuk meningkatkan partisipasi dalam peningkatan produksi usaha budidaya bunga potong, peningkatan fungsi kelompok tani sebagai media belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi bersama, peningkatan keterampilan petani dalam pengembangan produk, peningkatan manajemen usaha petani, perluasan jaringan mitra dan pasar, serta peningkatan kapasitas petani dibidang pemasaran baik secara offline maupun online, dan 17 rekomendasi kegiatan dalam bentuk sosialisai, penyuluhan, pelatihan, pemberian bantuan dan pendampingan, studi banding, serta membuka kemitraan dan usaha bersama di dalam kegiatan kelompok secara rutin dan aktif.

×
Penulis Utama : Rani Nur Istiqomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0416054
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Kapasitas Petani Bunga Potong di Kawasan Desa Wisata Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - H0416054 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S
2. Dr. Suminah, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.