Penulis Utama : Sri Hartono
NIM / NIP : X5209015
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dalam bidang nilai mata uang dengan media uang mainan bagi anak tuna grahita ringan kelas IV Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Kota Pekalongan tahun pelajaran 2010- 2011.
Pendekatan  penelitian  yang digunakan  adalah Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar dengan penekanan penggunaan  media  uang  mainan. Subyek penelitian anak. kelas  IV (Empat)  Tunagrahita  Ringan di SDLB Negeri  Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumen, angket dan tes. Teknik analisa data yang digunakan diskriptif kompetitif artinya peristiwa/kejadian yang timbul  dibandingkan, kemudian dideskripsikan  ke dalam bentuk data penilaian penggunaan media uang mainan.
Dari hasil penelitian tindakan  kelas, dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai kondisi awal dengan rata - rata 6,0 (enam  koma nol), pada siklus I nilai rata - ratanya  7,0 (tujuh koma nol), dan pada siklus II nilai rata - ratanya 8,0 (delapan koma nol). 2) Melalui penggunaan Uang Mainan dalam proses pembelajaran nilai mata uang  dapat  meningkatkan  hasil belajar matematika  pada kelas N (Empat) Tunagrahita Ringan di SDLB Negeri Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2010/2011.

Kata kunci :  Anak Tunagrahita Ringan, Nilai Mata Uang, dan Uang Mainan

×
Penulis Utama : Sri Hartono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5209015
Tahun : 2011
Judul : Upaya Peningkatan Prestas I Belajar Matematika Dalam Bidang Nilai Mata Uang Dengan Media Uang Mainan Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV Sekolah Dasar Luar Biasa ( SDLB) Negeri Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2010-2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Khusus - X5209015 - 2011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Gunarhadi, Ma.Ph.D
2. Priyono, S.Pd, MSi
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.