Penulis Utama : Ikhsan Akbari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7109099
Tahun : 2013
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Meringkas Isi Buku Cerita (Penelitian Tindakan Keiss Pada Siswa Kelas V SDN 02 Ngasem Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7109099- 2013
Subyek : COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, KEMAMPUAN, MERINGKAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan meringkas isi buku cerita melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngasem, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri  02 Ngasem, Colomadu,  Karanganyar  Tahun  Ajaran  2012/2013 .Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis  data menggunakan model analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data ,sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Berdasarkan basil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan  meringkas isi buku cerita pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngasem, Colomadu,  Karanganyar, Tahun Ajaran 2012/2013. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari pencapaian  nilai. Kriteria Ketuntasan  Minimal  (KKM) sebesar 70.Persentase ketuntasan pada pratindakan masih pada 44?ri 25 siswa. Meningkat  pada siklus I, yaitu mencapai 72?ri 25 siswa dan pada  siklus II meningkat Jagi menjadi 8So/o dari 25 siswa
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan  kemampuan  meringkas isi buku cerita pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngasem, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran
2012/2013.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. M Shaifuddin, M. Pd., M. Sn.
2. Drs.Sadiman, M.Pd
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP