Penulis Utama : Agus Yuliyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508003
Tahun : 2019
Judul : Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari dan Relevansinya dengan Materi Ajar Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841508003-2020
Subyek : PENDIDIKAN KARAKTER
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) latar belakang sosial budaya pengarang Kumpulan Cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari; (2) keterkaitan unsur instrinsik antar cerpen dalam Kumpulan Cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari; (3) pandangan pengarang terhadap masalah sosial dalam Kumpulan Cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari; (4) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Kumpulan Cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari; serta (5) relevansi Kumpulan Cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari terhadap materi ajar di kelas XI SMA kurikulum 2013. 
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif sastra yang mengkaji tentang sosiologi sastra melalui struktulasime genetik karya sastra tersebut. Penelitian ini menggunakan sumber data utama adalah Kumpulan Cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling dan menggunakan teknik analisis interaktif dalam analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukuan bahwa latar belakang Ahmad Tohari seorang sastrawan yang mampu menghasilkan karya sastra dengan mengambil cerita dari kehidupan masyarakat bawah, hal itu merupakan cerminan dari lingkungan tempat tingganya yakni masyrakat Banyumas. Keterkaitan cerita antar judul cerpen yang digambarkan Kumpulan Cerpen Mata Yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari, merupakan kehidupan sosial masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi, masalah sosial maupun, penyimpangan norma di dalam masyarakat. Masalah sosial yang diambil dalam cerita tersebut merupakan cara pandang pengarah terhadap kehidupan sosial di lingkungan masyarakat tempatnya tinggal. 
Nilai penidikan karakter peduli sosial menjadi pembelajaran untuk masyrakat, khusunya untuk siswa kelas XI SMA, untuk dapat mengambil nilai pendidikan peduli sosial yang disampaikan oleh guru dengan materi ajar berupa cerpen dan siswa mampu mengejawantahkan isi dalam cerpen tersebut dalam kehidupan sosial masyarakat. Pembelajaran nilai peduli sosial dalam kumulan cerpen ini diharapkan mampu membuka mata siswa, guru, maupun masyarakat untuk melihat ke bawah, tanpa memandang ekonomi, status sosial dan penyimpangan norma yang dilakukan orang lain.


Kata Kunci: Sosiologi Sastra, Strukturalisme Genetik, Nilai Pendidikan Karakter, Kumpulan Cerpen Mata Yang Enak Dipandang

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M. Pd.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana