Penulis Utama : Suwaryati
NIM / NIP : X4711302
×

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar lari cepat melalui pendekatan permainan pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Pingit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri  3 Pingit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 8 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengwnpulan data yang digunakan adalah teman sebaya dan dokumen. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas prosedurnya adalah dilaksanakan secara partisipatif atau kolaborasi  dengan teman sejawat bekerja sama, mulai dari tahap orientasi dilanjutkan penyusunan rencana   tindakan dilanjutkan pelaksanaan tindakan dalam siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan permainan dapat meningkatkan  hasil belajar lari cepat dari pra siklus sebesar 39% atau 7 siswa menjadi 66,7% atau  12 siswa pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4%  atau 17 siswa.  Proses pembelajaran pada pra siklus bersifat teacher-centered sehingga basil belajar  lari cepat siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I, hasil belajar siswa dalam pembelajaran lari cepat meningkat walaupun  belum  optimal. Pelaksanaan siklus  II menyebabkan hasil belajar lari cepat siswa meningkat tinggi sehingga mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan permainan dapat meningkatkan   hasil belajar lari cepat siswa kelas IV SD Negeri 3 Pingit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2012/2013.

×
Penulis Utama : Suwaryati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4711302
Tahun : 2013
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat Melalui Pendekatan Permainan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pingit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2012/2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4711302 - 2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Mukholid, M. Pd
2. Drs. Hem Suranto, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.