Penulis Utama : Muidbuddin Fadhli
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7108182
Tahun : 2012
Judul : Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing (Melempar Bola Salju) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Organisasi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SDN 0l Tohudan Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7108182 - 2012
Subyek : PEMAHAMAN KONSEP ORGANISASI, PKN, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, SNOWBALL THROWING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep organisasi dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball throwing pada siswa kelas V SD Negeri 01 Tohudan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar.

Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus, terdapat dua siklus yakni siklus I, dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Tohudan, Colomadu, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 yang jumlahnya 35 siswa. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam  penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan pemahaman konsep organisasi. Variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumen dan wawancara. Teknik analisis data menggunkan model interaktif yang terdiri tiga komponen analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil analisis data yang diperoleh adalah bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi organisasi yang diperoleh siswa. Pada tes awal sebesar 56,57; kemudian pada siklus I 73; dan 78,2 pada siklus II. Kemudian adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 37,14%; pada siklus I, 77,14?n pada siklus II menjadi 91,42%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep organisasi dalam pembelajaran PKN siswa kelas V SD Negeri 01 Tohudan, Colomadu, Karanganyar.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Heribertus Soegiyanto, S.U
2. Drs. Hasan Mahfud, M. Pd
Catatan Umum : Validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP