Penulis Utama : Hartoto Suci Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017219
Tahun : 2021
Judul : Tinjauan Yuridis Tindak Pidana Defacing Dalam Perspektif Hukum Pidana di Indonesia (Studi Putusan Pengadilan Negeri Surakarta Nomor 399/PID.SUS/2017/PN SKT.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum - E0017219 - 2021
Subyek : DEFACING, PERSPEKTIF HUKUM PIDANA DAN PUTUSAN PENGADILAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Jenis penelitian dalam penulisan hukum (skripsi) ini adalah yuridis normatif dengan sifat penelitian preskriptif dan terapan. Penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Jenis dan sumber data penelitian meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan disertai teknik analisis data dengan metode silogisme dan interpretasi.
Hasil penelitian menguraikan bahwa tindak pidana defacing dibatasi oleh empat belas perbuatan yang meliputi mengakses, melanggar, menerobos, melampaui, menjebol, mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan, dan/atau mentranfer terhadap obyek defacing yakni komputer, sistem elektronik, informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum. Pertimbangan hakim dalam putusan pengadilan negeri Surakarta Nomor 399/Pid.Sus/2017/PN Skt telah mengabaikan kenyataan bahwa pelaku tidak mendapat keuntungan dari perbuatannya, sehingga pidana dua tahun tidak memberikan rasa keadilan.

Kata Kunci: Defacing, Perspektif Hukum Pidana Dan Putusan Pengadilan

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diana Lukitasari, S.H, M.H.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Hukum