Penulis Utama : Ariapriyoga Rheza Mahendra
NIM / NIP : S581608001
×

Latar belakang: Wanita hamil dengan Lupus Eritematosus Sistemik (LES) terjadi peningkatan apoptosis trofoblas. Caspase-9 dapat digunakan sebagai penanda biologis terjadinya peningkatan kejadian apoptosis trofoblas pada LES. Pemberian sel punca mesenkimal menunjukan perbaikan pada wanita hamil dengan LES. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh pemberian sekretom sel punca mesenkimal terhadap ekspresi caspase-9 pada tingkat inflamasi pada model LES dengan cara pemberian injeksi pristan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Random Controlled Trial (RCT) Single- blind. Subyek penelitian adalah 14 ekor mencit betina Mus musculus bunting pada usia kebuntingan 16 hari. Subyek penelitian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok perlakuan yaitu 7 ekor mencit yang diberikan injeksi sekretom sel punca serta kelompok kontrol yaitu 7 ekor mencit tanpa diberikan injeksi sekretom sel punca. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji T independen.
Hasil: Rerata ekspresi caspase-9 ditemukan perbedaan yang signifikan pada kelompok perlakuan (Rerata = 2,14; SD = 0,19) dan kelompok kontrol (Rerata = 2,58; SD = 0,47) dengan p = 0,042.
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa terapi sekretom sel punca mesenkimal berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan ekspresi caspase-9 pada mencit model LES

Kata kunci: Sekretom Sel Punca Mesenkimal, Plasenta, Caspase-9, LES

 

×
Penulis Utama : Ariapriyoga Rheza Mahendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581608001
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Pemberian Sekretom Sel Punca Mesenkimal Terhadap Ekspresi Caspase – 9 Plasenta pada Mencit Model Lupus Eritematosus Sistemik Induksi Pristan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS I Obstetri dan Ginekologi - S581608001 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. M. Adrianes Bachnas, Sp.OG (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.