Penulis Utama : Mukhlis Nur Salim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217046
Tahun : 2021
Judul : Masalah Sosial Masyarakat Rumah Susun dalam Novel Wesel Pos Karya Ratih Kumala (2018) Kajian Sosiologi Sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Mukhlis Nur Salim. B0217046. 2021. Masalah Sosial Masyarakat Rumah Susun dalam Novel Wesel Pos Karya Ratih Kumala (2018) Kajian Sosiologi Sastra. Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah 1) ideologi dan latar belakang sosial Ratih Kumala dalam novel Wesel Pos (2018) karya Ratih Kumala 2) dan bagaimana cermin masalah sosial masyarakat rumah susun di Jakarta dalam novel Wesel Pos karya Ratih Kumala. Tujuan penelitian ini adalah 1) ideologi dan latar belakang sosial Ratih Kumala dalam novel Wesel Pos (2018) karya Ratih Kumala 2) dan bagaimana cermin masalah sosial masyarakat rumah susun di Jakarta dalam novel Wesel Pos karya Ratih Kumala.

 

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang mendeskripsikan dalam bentuk kalimat pada suatu konteks khusus. Objek material dalam penelitian ini adalah novel Wesel Pos karya Ratih Kumala. Sedangkan objek formal dalam penelitan ini adalah ideologi pengarang, latar belakang sosial pengarang, dan cermin masyarakat novel Wesel Pos (2018). Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah teknik simak dan mencatat.

 

Berdasarkan analisis menggunakan teori sosiologi sastra Ian Watt yang berfokus pada sastra cermin masyarakat yang ada di dalam novel simpulan penelitian ini adalah 1) ideologi dan latar belakang sosial Ratih Kumala yang memandang Jakarta sebagai kota yang keras dan banyak ditemui masalah sosial berupa maraknya tindakan kriminal dan pelanggaran terhadap norma asusila di dalam masyarakat 2) sebagai perwakilan dari pemuda Jakarta yang memandang Jakarta sebagai kota yang penuh permasalahan sosial Ratih Kumala menyampaikan pandangannya ke dalam novel Wesel Pos (2018) bahwa Jakarta merupakan kota yang keras dan penuh dengan permasalahan sosial.

 

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya