Penulis Utama : Tri Purwadi
NIM / NIP : S441708006
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Snowball Throwing dapat (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran melantunkan tembang macapat dalam serat Wedhatama pupuh Pangkur (2) meningkatkan keterampilan melantunkan tembang macapat dalam serat Wedhatama pupuh Pangkur.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan oleh peneliti di kelas di mana peneliti mengajar. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas  X akuntansi 1 SMK Negeri 6 Surakarta sejumlah 32 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019, dengan durasi waktu 4 bulan.
Hasil yang diperoleh adalah pada pra siklus hanya 19 dari 36 peserta didik yang nilainya berhasil sama dengan atau melampaui nilai KKM. Dari target ketuntasan secara klasikal 75% peserta didik mencapai KKM hanya 52,77% yang berhasil mencapai KKM. Dari hasil penilaian siklus 1 terlihat bahwa sudah terjadi kenaikan pada persentase peserta didik yang mendapatkan nilai diatas rata rata yaitu sebesar 66,66 %. Rata-rata peserta didik juga meningkat menjadi 72,78%. Dari hasil penilaian siklus 2 terlihat bahwa terjadi kenaikan pada persentase peserta didik yang mendapatkan nilai diatas rata rata yaitu sebesar 83,33 % atau sebanyak 30 peserta didik. Rata-rata peserta didik juga meningkat menjadi 79,5. Peserta didik yang mendapatkan dibawah KKM sebesar 16,66% atau sebanyak 6 Peserta didik.
Nilai peserta didik meningkat dari rata rata 70.05 menjadi 79.50 diakhir siklus 2. Ini menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan peserta didik melantunkan serat wedhatama pupuh pangkur dengan metode snowball throwing pada peserta didik kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 secara signifikan. Peserta didik menjadi lebih aktif dan sangat antusias. Kondisi inilah yang memicu peningkatan hasil belajar peserta didik. Selain itu faktor kreatifitas guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik juga mendukung tercapainya nilai diatas KKM.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Snowball Throwing, Keterampilan Melantunkan tembang Macapat

 

×
Penulis Utama : Tri Purwadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441708006
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Melantunkan Serat Wedhatama Pupuh Pangkur Dengan Metode Snowball Throwing pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S441708006
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. RetnoWinarni, M.Pd.
2. Dr. Muhammad. Rohmadi, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.