Penulis Utama : Irfina Widya Istiqomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0417037
Tahun : 2021
Judul : Kemitraan Pengembangan Budidaya Paprika Berbasis Ecofarming (Studi Kasus Petani Dusun Surjo, Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Irfina Widya Istiqomah. H0417037. 2021. “Kemitraan Pengembangan Budidaya Paprika Berbasis Ecofarming (Studi Kasus Petani Dusun Surjo, Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali).” Dibimbing oleh Dr. Agung Wibowo S.P., M.Si. dan Dr. Ir. Sugihardjo, M.S. Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 
Kondisi geografis dan iklim sangat mempengaruhi petani dalam pemilihan pola tanam. Upaya dalam mengatasi permasalahan kondisi geografis terhadap pola tanam yang dipilih petani, salah satunya dengan melakukan pengembangan pola usahatani baru yaitu diversifikasi pertanian. Petani di Dusun Surjo dalam mengembangkan budidaya paprika sangat memerlukan dukungan dari lembaga atau perusahaan yang dapat membantu petani dalam penyediaan sarana prasarana serta pemasaran hasil produksi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan kemitraan melalui program pengembangan budidaya paprika dengan metode budidaya ecofarming dari PT. Tirta Investama yang berkolaborasi dengan Pizza Hut dan LPTP. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan memperoleh gambaran mengenai pola hubungan kemitraan, mengidentifikasi dan menganalisis manfaat kemitraan bagi petani paprika Dusun Surjo, mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pemberdayaan petani dalam kemitraan.
Metode dasar penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penentuan informan secara purposive sampling dan snowball sampling. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu di Dusun Surjo. Informan dari penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari Manajer CSR PT. Tirta Investama Klaten, Ketua Kelompok Tani Sri Lestari, Petani Paprika Dusun Surjo, Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali, Penyuluh BPP Kecamatan Cepogo dan Kepala Desa Sukabumi. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi, pencatatan dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan merumuskan kesimpulan/verifikasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kemitraan pengembangan budidaya paprika merupakan replikasi program PT. Tirta Investama dengan Pizza Hut di wilayah Jawa Barat (Lembang) dan diterapkan di Jawa Tengah (Boyolali). Kemitraan dilakukan dari 2 sisi yaitu dengan NGO (LPTP) sebagai pendamping petani dan secara corporate to corporate antara PT. Tirta Investama dengan Pizza Hut. Petani paprika dengan PT. Tirta Investama terbentuk pola kemitraan kerjasama operasional agribisnis. Pizza Hut dengan petani paprika terbentuk pola kemitraan sub kontrak. Manfaat kemitraan bagi petani paprika Dusun Surjo antara lain adanya jaminan pemasaran yang diberikan Pizza Hut, peningkatan kapasitas SDM petani dan pendapatan yang diperoleh petani mengalami peningkatan. Pelaksanaan pemberdayaan petani dalam kemitraan melalui kegiatan studi banding, demplot, pendampingan teknis budidaya dan pemasaran. Pemberdayaan melalui program ecofarming yaitu sistem pertanian ramah lingkungan dengan memberikan dampak secara ekonomi adanya peningkatan pendapatan, sosial budaya adanya peningkatan kebersamaan dan lingkungan adanya pengurangan penggunaan pestisida kimia dan pengendalian hayati. 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agung Wibowo, S.P., M.Si.
2. Dr. Ir. Sugihardjo, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian