Penulis Utama : Vera Tian Sari Fatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217074
Tahun : 2022
Judul : Analisis Resepsi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah! Karya Andy Sri Wahyudi serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa di SMA Kelas XI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Vera Tian Sari Fatimah. K4217074. ANALISIS RESEPSI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH DRAMA MAK, ANA ASU MLEBU NGOMAH! KARYA ANDY SRI WAHYUDI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA JAWA DI SMA KELAS XI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Desember 2021

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik naskah drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah! karya Andy Sri Wahyudi; (2) tanggapan pembaca terhadap naskah drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah! karya Andy Sri Wahyudi; (3) nilai pendidikan karakter dalam naskah drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah! karya Andy Sri Wahyudi; (4) relevansi naskah drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah! karya Andy Sri Wahyudi sebagai materi ajar bahasa Jawa di SMA kelas XI.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan resepsi sastra. Data yang digunakan yaitu unsur intrinsik, resepsi sastra, dan nilai pendidikan karakter, serta relevansi sebagai materi ajar naskah drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah!.Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Sumber data jenis dokumen yaitu naskah drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah! karya Andy Sri Wahyudi dan transkrip wawancara. Sumber data jenis informan yaitu terdiri dari pembaca biasa yang notabenya sama sekali belum pernah membaca naskah drama Jawa dan pembaca ideal sudah pernah membaca naskah drama Jawa, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan analisis dokumen pada naskah drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah! dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. 

            Hasil penelitian menunjukan bahwa naskah drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah! terdapat; (1) enam unsur intrinsik antara lain tema, alur/plot, latar, penokohan dan perwatakan, dialog dan amanat, (2) tanggapan pembaca biasa dan pembaca ideal bahwa naskah drama ini memiliki unsur intrinsik yang lengkap, terdapat nilai pendidikan karakter, bahasa dan isinya mudah di pahami serta dapat dijadikan rekomendasi materi ajar, (3) nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan antara lain kerja keras, mandiri, peduli sosial, rasa ingin tahu, gemar membaca, komunikatif dan tanggung jawab, dan (4) kerelevansian naskah drama Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah! Karya Andy Sri Wahyudi sesuai dengan materi ajar di SMA kelas XI semester dua sesuai dengan kurikulum 2013 muatan lokal Bahasa Jawa di Jawa Timur .

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II.pdf
COVER.pdf
BAB III.pdf
BAB I.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP