Penulis Utama : Dian Ayu Fitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0417018
Tahun : 2022
Judul : Perilaku Harian dan Tingkat Kesejahteraan Siamang (Symphalangus Syndactylus Raffles, 1821) dan Owa Ungko (Hylobates Agilis F. Cuvier, 1821) di Taman Satwa Taru Jurug, Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Siamang dan owa ungko merupakan dua jenis primata dari famili Hylobatidae yang berstatus endangered. Populasi yang semakin menurun, dapat dicegah dengan melakukan konservasi ex situ. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perilaku harian siamang (Symphalangus syndactylus) dan owa ungko (Hylobates agilis) serta mengetahui tingkat kesejahteraannya di Taman Satwa Taru Jurug, Surakarta.
Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2020-Januari 2021 di Taman Satwa Taru Jurug, Surakarta. Penelitian perilaku harian menggunakan metode focal animal sampling dan instantaneous sampling dari jam 07.00-17.00 WIB pada dua individu betina dewasa siamang dan sepasang owa ungko. Penelitian terhadap tingkat kesejahteraan menggunakan metode observasi lapang dan wawancara pengelola TSTJ, lalu dilakukan scoring.
Perilaku harian siamang dan owa ungko di TSTJ terdiri dari istirahat, bergerak, makan dan sosial. Keduanya memiliki perilaku yang paling dominan yaitu istirahat dengan persentase mendekati 50%. Perilaku sosial adalah perilaku yang paling kecil persentasenya yaitu kurang dari 10%. Tingkat kesejahteraan kedua jenis primata Hylobatidae di TSTJ ini sangat baik dengan skor 86,8 untuk siamang dan 83,7 untuk owa ungko. 

Kata kunci: kesejahteraan satwa, konservasi ex situ, Symphalangus syndactylus, Hylobates agilis, Taman Satwa Taru Jurug.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tetri Widiyani, M.Si
2. Dr. Agung Budiharjo, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA