Penulis Utama : Aulia Hapsari Juwita
NIM / NIP : S421608002
×

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui program yang sudah dan akan dijalankan oleh pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dalam bentuk sarana, prasarana dan SDM dan pilihan yang terbaik untuk pengembangan lokasi wisata tersebut sebagai tujuan wisata utama Kota Surakarta berdasarkan preferensi pengunjung. Jenis  penelitian  adalah  penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan  kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mendapatkan pilihan terbaik adalah dengan Analytical Hierarchy Process.

Hasil yang diperoleh pengelola TSTJ terus berusaha melakukan perubahan untuk merawat dan menjaga lingkungan TSTJ. Pilihan terbaik untuk pengembangan Taman   Satwa   Taru   Jurug   sebagai   tujuan   wisata   utama   Kota   Surakarta berdasarkan  preferensi  pengunjung  hasil  analisis  AHP  adalah  peningkatan fasilitas, perbaikan sumber daya manusia, dan perbaikan kondisi infrastruktur. Fasilitas yang menjadi pilihan utama berdasarkan preferensi pengunjung    yang pertama adalah adanya food court, kedua kebersihan, ketiga wahana, dan terakhir koleksi hewan. Kriteria kedua yang perlu adanya perhatian dalam pengembangan TSTJ adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang harus diperbaiki adalah struktur organisasi, kualitas tenaga kerja dan terakhir kuantitas tenaga kerja. Ketiga kriteria infrastruktur dengan penataan kandang yang menjadi perhatian  pertama  kemudian  penataan  rute  kandang.  Berbeda  dengan  hasil analisis  AHP,  Apabila  kebijakan  TSTJ  memfokuskan  pada  wahana,  maka menurut responden yang terpenting adalah food court dan kebersihan.

Saran yang dapat diberikan pihak pengelola dapat memfokuskan pada preferensi pengunjung. Hal ini diasumsikan jika dalam pembangunan melihat preferensi pengunjung, maka kepuasan pengunjung akan lebih maksimal. TSTJ harus meningkatkan promosi juga agar dikenal seluruh kalangan dan usia, pengelola dapat mempromosikan TSTJ melalui jejaring sosial media seperti instagram dan website khusus TSTJ yang didesain dengan menarik dan memberikan informasi terkini.

Kata Kunci : Pariwisata, Taman Satwa Taru Jurug, Analytical Hierarchy Process

×
Penulis Utama : Aulia Hapsari Juwita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S421608002
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Taman Satwa Taru Jurug sebagai Tujuan Wisata Utama Kota Surakarta dengan Menggunakan Pendekatan Metode Analytical Hierarchy Process
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ekonomi Studi Pembangunan-S421608002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto, S.E., M.Si.
2. Bhimo Rizky Samudro, S.E., M.Si., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.