Penulis Utama : Anggita Ismi Sulistyaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0217013
Tahun : 2021
Judul : Pemanfaatan Fitur Instagram Story Sebagai Sarana Pemenuhan Kebutuhan dan Pengaruh yang Ditimbulkan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Anggita Ismi Sulistyaningtyas. D0217013. 2021.PEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM STORY SEBAGAI SARANA PEMENUHAN KEBUTUHAN DAN PENGARUH YANG DITIMBULKAN (Studi Uses and Gratification di Kalangan Remaja Wilayah Kecamatan Wonogiri)”. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Penelitian ini mencoba untuk mengetahui lebih dalam dan mendeskripsikan mengenai pemanfaatan fitur instagram story sebagai sarana pemenuh kebutuhan berdasarkan teori uses and gratification dan pengaruh yang ditimbulkan pada remaja di Kecamatan Wonogiri. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana para remaja memanfaatkan fitur instagram story sebagai media untuk membagikan dan memenuhi kebutuhan akan hal-hal yang bermanfaat pada diri mereka. Sebagian besar remaja saat ini memilih menggunakan fitur instagram story sebagai media untuk memenuhi kebutuhan mereka karena dirasa memiliki sifat yang lebih up to date.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uses and gratification. Dimana dalam teori ini diasumsikan bahwa khalayak aktif dalam memilih media mana yang dapat mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Teori ini relevan digunakan untuk meneliti permasalahan penelitian yang berhubungan dengan penggunaan Instagram Story sebagai media untuk memenuhi kebutuhan para remaja di Kecamatan Wonogiri.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini yaitu remaja berusia 17-21 tahun yang aktif menggunakan instagram dengan minimal 500 pengikut dan berdomisili di Wilayah Kecamatan Wonogiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Sedangkan perolehan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh informan memilih instagram story sebagai media atau sarana untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dalam penelitian ini media instagram story dapat memenuhi segala kebutuhan informan sesuai dengan teori uses and gratification diantaranya kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi individu, kebutuhan integrasi sosial dan kebutuhan pelepasan ketegangan. Selain hal tersebut, dalam penelitian ini juga didapatkan hasil bahwa setelah para informan menggunakan instagram story, sebagian besar dari mereka mendapatkan pengaruh yang dilihat dari efek komunikasi massa diantaranya pengaruh kognitif, pengaruh afektif dan pengaruh behavioral.

Kata Kunci : Instagram Story, Teori Uses and Gratification, Efek komunikasi Massa, Remaja

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
LAMPIRAN.pdf
Halaman Cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mahfud Anshori S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP