Penulis Utama : Annisa Puji Rahayu
NIM / NIP : K3115002
×

Annisa Puji Rahayu. K3115002. EFEKTIVITAS TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MENGURANGI PERILAKU VERBAL BULLYING PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2021.

Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas teknik kontrak perilaku untuk mengurangi perilaku verbal bullying peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu single subject design dengan design A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah dua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta, yaitu EF dan YP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi perilaku verbal bullying yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah split middle technique dan analisis klinis sebagai evaluasi subjektif oleh significant others.

Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan perilaku verbal bullying dari kedua subjek yang ditunjukkan dengan perubahan jumlah rata-rata frekuensi pada fase baseline dan fase intervensi. Subjek EF menunjukkan perilaku verbal bullying dengan frekuensi rata-rata 14 kali pada fase baseline, dan berubah menjadi rata-rata 7 kali pada fase intervensi. Sedangkan pada hasil analisis dengan split middle technique dapat diketahui perubahan slope subjek EF sebesar 1,15 dan perubahan levelnya sebesar 1,86. Begitu juga dengan subjek YP yang menunjukkan perilaku dengan frekuensi rata-rata 7 kali pada fase baseline dan berubah menjadi rata-rata 9 kali pada fase intervensi. . Sedangkan berdasar hasil analisis split middle technique dapat diketahui perubahan slope subjek YP adalah sebesar 1,09 dan perubahan levelnya 1,67. Hasil analisis data klinis yang dilakukan kepada guru bimbingan dan konseling, korban verbal bullying serta teman-teman dekat subjek menunjukkan hasil bahwa subjek mengalami perubahan kearah yang lebih baik.

Berdasarkan hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa teknik kontrak perilaku efektif untuk mengurangi perilaku verbal bullying peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta.

×
Penulis Utama : Annisa Puji Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115002
Tahun : 2021
Judul : Efektivitas Teknik Kontrak Perilaku untuk Mengurangi Perilaku Verbal Bullying Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : teknik kotrak perilaku, verbal bullying
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asrowi, M. Pd
2. Agus Tri Susilo, M. Pd
Penguji : 1. Dr. Ribut Purwaningrum, M. Pd
2. Ma'rifatin Indah Kholili, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.