Penulis Utama : Bagas Bayu Bantara
NIM / NIP : D0214023
×

Ketika suatu golongan mulai merendahkan golongan lain maka disitulah mulai terjadi konflik. Konflik yang disebut dengan diskriminasi. Pembedaan perlakuan tersebut atas dasar agama, suku, ras, etnik, kelompok sosial, golongan status sosial, status ekonomi, jenis kelamin, bahasa, keyakinan, dan politik, yang berakibat pada pengurangan, penyimpangan atau penghapusan pengakuan, pelaksanaan atau penggunaan hak asasi manusia dan kebebasan dasar dalam kehidupan, baik individual maupun kolektif dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya dan aspek kehidupan lainnya.
Pesan yang terdapat dalam komunikasi merupakan seperangkat simbol verbal maupun simbol nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan atau maksud dari komunikator. Pesan menurut (Effendy 2003) adalah “suatu komponen dalam proses komunikasi berupa paduan dari pikiran dan perasaan seseorang dengan menggunakan lambang, bahasa/lambang-lambang lainnya disampaikan kepada orang lain” (Effendy, 2003: 224).
Metode penelitian yang penulis lakukan menggunakan metode penelitian semiotika Roland Barthes, semiotika memiliki dua tahap signifikasi. Signifikasi tahap pertama yaitu denotasi yang berisi tentang apa yang terlihat dalam scene tanpa ada pemaknaan sebelumnya. Sedangkan tahapan signifikasi kedua adalah konotasi, yang mana dalam tahapan ini peneliti memadukan penggambaran yang ada dalam scene.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa orang kulit hitam selalu mendapatkan sikap sinis, dijadikan budak, selalu diawasi dan dicuriga diperlakukan kasar, makhluk rendahan, tidak arti, disebut dengan negro, makhluk pekerja dan memiliki stratifikasi sosial yang rendah, tingkat pendidikan yang rendah, selalu terlihat cemas, gelisah, ketakutan, rasa traumatik, selalu terlihat kotor, kumuh, dan berantakan, orang kulit hitam tidak memiliki kebebasan di ruang publik, Orang kulit hitam negro adalah tukang berkhayal dan berbohong, Orang kulit hitam tidak diperbolehkan untuk menggunakan identitas aslinya, Orang kulit hitam selalu dicurigai selalu mencelakai orang kulit putih. Hal tersebut menunjukkan bentuk rasisme yang sangat kental yang dilakukan orang kulit putih terhadap orang kulit hitam. Perilaku orang kulit putih terhadap orang kulit hitam dalam film Harriet diskriminasi dan rasialisme.

×
Penulis Utama : Bagas Bayu Bantara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214023
Tahun : 2022
Judul : Representasi Diskriminasi Ras Kulit Hitam Dalam Film (Analisis Semiotika Representasi Diskriminasi Ras Kulit Hitam dalam Film Harriet)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Semiotika, Film, Diskriminasi, Kulit Hitam, Roland Barthes.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Penguji : 1. Drs. Widyantoro, MSi.
2. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos, M.Si.
3. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.