Penulis Utama : Mochamad Choirur Riza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841908009
Tahun : 2022
Judul : Nilai Toleransi Dalam Dua Novel Karya Hanum Salsabiela Rais Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA (Kajian Stilistika)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

         Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) bentuk diksi, gaya bahasa, dan citraan dalam dua novel karya Hanum Salsabiela Rais. 2) Bentuk-bentuk nilai toleransi dalam dua novel karya Hanum Salsabiela Rais. 3) Bentuk implementasi aspek-aspek stilistika dan nilai toleransi dalam dua novel karya Hanum Salsabiela Rais serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas.

          Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Data bentuk diksi, gaya bahasa, citraan dan nilai toleransi dalam dua novel karya Hanum Salsabiela Rais berupa kutipan yang ditemukan di dalam novel. Selain hal tesebut, data yang digunakan dalam penelitian ini juga berupa hasil wawancara dengan guru dan peserta didik terkait dengan implementasi hasil penelitian dengan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui baca catat, wawancara, dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif.

             Hasil penelitian ini terdiri dari 1) bentuk diksi, gaya bahasa, dan citraan dalam dua novel karya Hanum Salsabiela Rais. Diksi yang ditemukan meliputi kata konotatif, kata konkret, kata asing dan kata serapan. Selanjutnya gaya bahasa dalam penelitian ini meliputi gaya bahasa simile, sinekdok, repetisi, antitesis, metafora, hiperbola, dan personifikasi. Kemudian gaya bahasa berdasarkan pilihan kata meliputi gaya bahasa resmi, tak resmi, dan percakapan. Pada aspek yang ketiga yaitu citraan ditemukan citraan penglihatan, pendengaran, perabaan, pencecapan dan penciuman. 2) Bentuk-bentuk nilai toleransi dalam dua novel karya Hanum Salsabiela Rais meliputi memberikan kebebasan atau kemerdekaan, mengakui hak setiap individu, menghormati keyakinan orang lain, dan saling pengertian. 3) Kebermanfaatan aspek-aspek stilistika dan nilai toleransi dalam dua novel karya Hanum Salsabiela Rais sebagai bahan ajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D.
2. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana