Penulis Utama : Galih Wisnu Aji
NIM / NIP : B3218025
×

ABSTRAK


Galih Wisnu Aji, 2021. Strategi Promosi Media Sosial Instagram di Desa Wisata Nglanggeran Kabupaten GunungKidul. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Promosi adalah sebuah elemen yang penting pada suatu produk pariwisata. Pada era digital ini mayoritas orang menggunakan media sosial di kehidupan sehari- hari, berbagai platform media terus bermunculan saat ini salah satunya adalah instagram. Banyak industri yang mengunakan instagram sebagai media promosi karena dinilai lebih efektif dan mempunyai cangkupan yang luas, diiringi terus bertambahnya pengguna media sosial instagram tersebut. Desa Wisata Nglanggeran juga telah menggunakan media sosial instagram sebagai sarana atau media promosi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dengan Pokdarwis Desa Wisata Nglanggeran, didukung dengan data hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka yang digunakan untuk mendapatkan referensi.
Strategi yang dilakukan pengelola adalah dengan membuat konten-konten yang berkualitas, menarik, efektif dan inovatif. Melalui penelitian ini disebutkan juga Desa Wisata Nglanggeran memiliki kendala seperti pengelola tidak dapat berkomitmen serta kurangnya konsistensi dalam pengunggahan suatu konten baik berupa foto, video, dan informasi yang berbasis digital, pembuatan konten kreatif yang bagus, caption atau deskripsi yang baik dan menarik. Manfaat instagram memiliki peran penting sebagai media promosi Desa Wisata Nglanggeran. Pengelola telah menggunakan fitur-fitur instagram dengan sebaik mungkin.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi promosi menggunakan media sosial instagram berjalan efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Desa Wisata Nglanggeran, terbukti dari data reviewer yang dikelola Pokdarwis stabil cenderung mengalami peningkatan, akan tetapi data kunjungan lapangan masih terbatas dikarenakan dampak covid-19 dan kebijakan pemerintah yang masih belum membuka luas dalam kunjungan wisata. Isi dari profil instagram @gunungapipurba sudah cukup baik dan menarik. Pengelola juga telah memanfaatkan fitur-fitur yang ada di instagram dengan baik dan cukup efektif. Kendala yang dihadapi adalah dengan kekurangan Sumber Daya Manusia yang belum cukup wawasan tentang promosi melalui media sosial dan kurangnya skill dalam pembuatan konten.

×
Penulis Utama : Galih Wisnu Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218025
Tahun : 2022
Judul : Strategi Promosi Media Sosial Instagram di Desa Wisata Nglanggeran Kabupaten Gunungkidul
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Instagram, Strategi, Promosi, Desa Wisata.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto,S.S.T., M.M. Par.
2. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.