Penulis Utama : Felicia Aura Jasmine
NIM / NIP : G0018079
×

ABSTRAK

Felicia Aura Jasmine, G0018079, 2022. Hubungan Tingkat Kecemasan Selama Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi COVID-19 dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 7 Program Studi Kedokteran FK UNS. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 

Latar Belakang: Prevalensi kecemasan sebagai masalah psikologis yang melanda kelompok usia produktif, yang di dalamnya adalah kelompok usia mahasiswa, mencapai angka 64,8%. Koneksi kuat antara pembelajaran daring dan hambatan – hambatan yang ditimbulkannya pada dampak psikologis berupa kecemasan yang mampu berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa. Perubahan sistem pembelajaran konvensional tatap muka menjadi daring membutuhkan usaha pemahaman yang berbeda dan sistem pembelajaran yang berbeda, khususnya pada praktek kedokteran, guna memahami teknik dengan baik dan benar, tentu pembelajaran secara tatap muka sangat dibutuhkan. Berdasarkan fenomena yang dirasakan oleh peneliti bahwa banyak mahasiswa yang menyampaikan beberapa keluhan selama pembelajaran daring baik dari sisi akademik maupun non akademik pada sesi konsultasi dengan pembimbing, terutama mahasiswa tingkat akhir, semester 7. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kecemasan pada mahasiswa selama pembelajaran daring dan mengidentifikasi adanya pengaruh kecemasan dengan prestasi belajar mahasiswa semester 7 prodi Kedokteran FK UNS.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observational analitik dengan pendekatan cross-sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran semester 7 angkatan 2018 FK UNS dengan besar sampel 162 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner TMAS dan data IPK kemudian dianalisis dengan uji korelasi spearman.

Hasil: Menurut hasil uji korelasi spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,211. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dan prestasi belajar.

Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan selama pembelajaran daring dengan prestasi belajar mahasiswa semester 7 program studi kedokteran FK UNS

×
Penulis Utama : Felicia Aura Jasmine
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0018079
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Tingkat Kecemasan Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 7 Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Tingkat Kecemasan, Prestasi Belajar, dan Mahasiswa Kedokteran.?
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://jurnal.uns.ac.id/SMedJour/author/submission/59267
Status : Public
Pembimbing : 1. Budhi Hami Seno, dr., Sp.KJ., M.Kes
2. Dr. dr. Istar Yuliadi, M.Si
Penguji : 1. Tri Oktaviyantini, dr., Sp.KJ
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.