Penulis Utama : Puji Rahayu
NIM / NIP : K5417057
×

Puji Rahayu. ANALISIS KERAWANAN, KERENTANAN, DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP BENCANA BANJIR DI KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2021 (Implementasi dalam Pembelajaran Geografi Materi Pokok Mitigasi Bencana). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2021.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kerawanan banjir di Kecamatan Adimulyo, (2) untuk mengetahui tingkat kerentanan banjir di Kecamatan Adimulyo, (3) untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam penanggulangan risiko bencana banjir di Kecamatan Adimulyo, dan (4) sebagai sumber belajar bagi siswa kelas XI mata pelajaran geografi materi pokok mitigasi bencana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah Kecamatan Adimulyo dan seluruh warga desa yang berada pada wilayah dengan tingkat kerawanan dan kerentanan tertinggi. 23 desa di Kecamatan Adimulyo digunakan sebagai sampel dalam menentukan tingkat kerawanan dan kerentanan banjir, sedangkan sampel pada partisipasi masyarakat mengambil responden sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling di mana setiap populasi penelitian dianggap homogen. Penyusunan satuan lahan menggunakan overlay dari peta geologi, kemiringan lereng, ketinggian wilayah, penggunaan lahan, jenis tanah, dan jarak wilayah terhadap sungai, sedangkan tingkat kerentanan diperoleh dari data kerentanan sosial, fisik, ekonomi, dan lingkungan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan skoring dan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecamatan Adimulyo terdiri dari 58 satuan lahan yang terbagi menjadi 4 tingkat kerawanan banjir yaitu tingkat kerawanan rendah sebanyak 2 satuan lahan, tingkat kerawanan sedang sebanyak 17 satuan lahan, tingkat kerawanan tinggi sebanyak 26 satuan lahan, dan tingkat kerawanan sangat tinggi sebanyak 13 satuan lahan. Tingkat kerentanan banjir di Kecamatan Adimulyo dengan jumlah 23 desa terbagi menjadi dua kelas yaitu tingkat kerentanan rendah sebanyak 15 desa dan tingkat kerentanan sedang sebanyak 8 desa. Partisipasi masyarakat pada tiga desa yang telah ditentukan berdasarkan skor total adalah kurang aktif. Kaitannya dalam implementasi pembelajaran geografi adalah dengan pembuatan suplemen pembelajaran bagi kelas XI materi pokok Mitigasi Bencana.

 

Kata Kunci: Kerawanan, Kerentanan, Partisipasi Masyarakat, Implementasi Pembelajaran

×
Penulis Utama : Puji Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5417057
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kerawanan, Kerentanan, dan Partisipasi Masyarakat terhadap Bencana Banjir di Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun 2021 (Implementasi dalam Pembelajaran Geografi Materi Pokok Mitigasi Bencana)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kerawanan, Kerentanan, Partisipasi Masyarakat, Implementasi Pembelajaran
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Dr. Yasin Yusup, S.Si.,M.Si
Penguji : 1. Dr. Pipit Wijayanti, S.Si.,M.Sc
2. Seno Budhi Ajar, S.Pd.,M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.