Penulis Utama : Aditya Indit Noveles
NIM / NIP : K5418004
×

Aditya Indit Noveles. ANALISIS KERAWANAN, KERENTANAN DAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2022 (Implementasi Materi Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI IPS Semester Genap Kurikulum 2013 KD. 3.7. Menganalisis Jenis dan Penanggulangan Bencana Alam Melalui, Kearifan Lokal dan Pemanfaatan Teknologi Modern). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2022.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis tingkat kerawanan banjir di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas (2) Menganalisis tingkat kerentanan banjir di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas (3) Menganalisis tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas (4) Mengimplementasikan hasil penelitian terhadap materi mitigasi bencana alam pada pembelajaran geografi di SMA Kelas XI IPS Semester Genap Kurikulum 2013.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survei menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh dan metode sampel acak sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui tingkat kerawanan dan kerentanan banjir menggunakan analisis spasial dan skoring, untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir menggunakan analisis deskriptif serta implementasi penelitian terhadap materi mitigasi bencana alam pada pembelajaran geografi di SMA Kelas XI IPS Semester Genap Kurikulum 2013 menggunakan analisis deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tingkat kerawanan banjir di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas didominasi oleh tingkat kerawanan tinggi dan terdiri dari empat kelas yaitu kelas kerawanan rendah sebanyak 3 satuan lahan, kerawanan sedang sebanyak 11 satuan lahan, kerawanan tinggi sebanyak 18 satuan lahan dan kerawanan sangat tinggi sebanyak 2 satuan lahan. (2) Tingkat kerentanan banjir di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas didominasi oleh tingkat kerentanan sedang dan terdiri dari dua kelas yaitu kerentanan sedang sebanyak 10 desa dan kerentanan tinggi sebanyak 2 desa. (3) Tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas dapat disimpulkan bahwa masyarakat khususnya rumah tangga yang ada di Desa Kedunguter sudah siap siaga dalam menghadapi bencana banjir. (4) Implementasi penelitian diimplementasikan dalam bentuk bahan ajar berupa modul pembelajaran geografi SMA Kelas XI IPS KD. 3.7. materi mitigasi bencana alam.

×
Penulis Utama : Aditya Indit Noveles
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5418004
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kerawanan, Kerentanan dan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas Tahun 2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bencana Banjir, Kerawanan, Kerentanan, Kesiapsiagaan Masyarakat, Implementasi Pembelajaran
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Setya Nugraha, S.Si., M.Si
Penguji : 1. Dr. Rita Noviani, S.Si., M.Sc
2. Dr. Pipit Wijayanti, S.Si., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.