Penulis Utama : Agnes Astari Lilian Laksarina
NIM / NIP : K1316004
×

Agnes Astari Lilian Laksarina. K1316004. ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 SURAKARTA, Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan persoalan tentang Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini merupakan enam siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2020/2021, antara lain yaitu dua siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi, dua siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang, dan dua siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan teknik wawancara berbasis tugas. Teknik triangulasi data yang dipakai yaitu triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) literasi matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dalam menyelesaikan soal SPLTV antara lain sebagai berikut: (a) siswa mampu melalui tahap merumuskan masalah nyata dengan baik, siswa menginterpretasi, menyederhanakan, serta menyusun model matematis dari masalah yang ada, (b) siswa mampu melalui tahap menggunakan matematika, (c) siswa mampu melalui tahap menafsirkan solusi, (d) siswa mampu melalui tahap mengevaluasi solusi; (2) literasi matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang dalam menyelesaikan soal SPLTV antara lain sebagai berikut: (a) siswa mampu melalui tahap merumuskan masalah nyata dengan baik, (b) siswa mampu melalui tahap menggunakan matematika, (c) siswa hanya mencapai tingkatan menggunakan matematika atau tingkatan menafsirkan solusi, (d) siswa tidak melakukan evaluasi terhadap apa yang siswa kerjakan sehingga siswa tidak menyadari kesalahan konsep atau kesalahan pada proses perhitungan saat menyelesaikan masalah matematika; (3) literasi matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah dalam menyelesaikan sosal SPLTV antara lain sebagai berikut: (a) siswa hanya mampu melalui langkah merumuskan masalah nyata, (b) siswa kurang paham dengan masalah yang ada dan tidak mengetahui cara yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal bahkan sama sekali tidak tahu cara untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

×
Penulis Utama : Agnes Astari Lilian Laksarina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316004
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Materi SPLTV ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : literasi matematika, aktivitas belajar siswa, sistem persamaan linear tiga variabel
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd.
2. Ira Kurniawati S.Si., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.