Penulis Utama : Alfin Cahyo Baskoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117006
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Efikasi Diri dengan Prestasi Akademik Siswa Kelas XII MIPA di SMA N 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Alfin Cahyo Baskoro, HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS XII MIPA DI SMA N 1 KARANGANYAR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2022.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Tingkat efikasi diri siswa kelas XII MIPA di SMA N 1 Karanganyar; (2) Tingkat prestasi akademik siswa kelas XII MIPA di SMA N 1 Karanganyar; (3) Hubungan efikasi diri dengan prestasi akademik siswa kelas XII MIPA di SMA N 1 Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA di SMA N 1 Karanganyar dengan jumlah 285. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian berjumlah 74. Data penelitian diperoleh dengan skala efikasi diri dan rata-rata nilai rapor semester 5. Analasis data menggunakan Pearson Correlation Product Moment dengan bantuan IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi akademik siswa kelas XII MIPA di SMA N 1 Karanganyar. Hasil tersebut diperoleh melalui perhitungan Pearson Correlation Product Moment menggunakan IBM SPSS versi 25 menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,104 dan nilai signifikansinya 0,376 > 0,05. Hasil uji regresi menyatakan pengaruh variabel efikasi diri terhadap prestasi akademik hanya 1,1%.  Kesimpulannya tidak terdapat hubungan yang signifikan efikasi diri dengan prestasi akademik siswa kelas XII MIPA di SMA N 1 Karanganyar yang diperkuat dengan hasil uji regresi hanya 1,1%. 
Rekomendasi peneliti kepada guru bimbingan dan konseling dalam pemberian layanan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa adalah terkait materi. Materi yang dapat disampaikan dalam pemberian layanan antara lain cara meningkatkan motivasi belajar, penggunaaan gaya belajar yang tepat, cara mengelola kecerdasan emosional dan intelegensi yang dimiliki. Termasuk materi lain yang berhubungan dengan prestasi akademik siswa.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Tri Susilo, M.Pd
2. Adi Dewantoro, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP