Penulis Utama : Fitri Icha Masdita
NIM / NIP : B0217030
×

Fitri Icha Masdita. B0217030. 2021. Bentuk dan Pemakaian Kosakata Slang dalam Komunitas Sbyfess pada Akun Twitter @Sbyfess Tahun 2020-2021: Suatu Kajian Sosiolinguistik. Skripsi: Progam Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar belakang dilakukan penelitian ini, yakni terdapat variasi bahasa yang berkembang pada suatu masyarakat yang dikenal sebagai bahasa slang. Penggunaannya bahasa slang dinilai menggeser penggunaan Bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kaidahnya. Namun, ternyata kemunculan bahasa slang tidak terlepas dari struktur kaidah kebahasaan Bahasa Indonesia dan didasari oleh latar belakang sosial dan budaya penutur bahasa slang tersebut.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (i) Bahasa apa saja yang terdapat pada kosakata slang dalam komunitas Sbyfess pada akun Twitter @sbyfess? dan (ii) Bagaimana proses pembentukan kosakata slang dalam komunitas Sbyfess pada akun Twitter @Sbyfess? (iii) Bagaimana tujuan penggunaan kosakata slang pada akun Twitter @Sbyfess?

Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yakni: (i) mendeskripsikan bahasa asal kosakata slang dalam komunitas Sbyfess pada akun Twitter @Sbyfess, (ii) mendeskripsikan proses pembentukan kosakata slang dalam komunitas Sbyfess pada akun Twitter @Sbyfess, (iii) mendeskripsikan tujuan penggunaan kosakata slang dalam komunitas Sbyfess pada akun Twitter @sbyfess

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitiatif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan metode simak dan Teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik lanjutan BUL ( Bagi Unsur Langsung).

Simpulan penelitian ini adalah: (i) kosakata slang adalah bahasa dengan cirikhas tidak baku, (ii) biasanya terdiri dari istilah baru, (iii) bentuk kosakata slang berupa abreviasi, berupa singkatan, kata baru dan plesetan. Kosakata slang berasal dari campuran dari Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Penggunaan kosakakata slang digunakan untuk sindiran, umpatan, keakraban, pernyataan, dan memperhalus kata. Proses pembentukan kosakata slang berdasarkan proses morfologi yaitu abreviasi berupa singkatan, pemenggalan kata, kontraksi, dan terdapat pula bentuk kosakata slang berupa kata baru dan plesetan.

 

×
Penulis Utama : Fitri Icha Masdita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217030
Tahun : 2022
Judul : Bentuk dan Pemakaian Kosakata Slang dalam Komunitas Sbyfess pada Akun Twitter @SBYFESS Tahun 2020-2021: Suatu Kajian Sosiolinguistik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Kata kunci: sosiolinguistik, variasi bahasa, slang
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. F.X. Sawardi, M. Hum
Penguji : 1. Dr. Hanifullah Syukri, M. Hum.
2. Dr. Henry Yustanto, M. A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.