Penulis Utama : Mufidatul Azizah
NIM / NIP : K6417045
×

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi program bantuan langsung tunai sebagai wujud pemenuhan hak kesejahteraan sosial warga negara pada masa pandemi Covid 19 di Desa Demakan; 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam keberhasilan program BLT di Desa Demakan.

            Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.

            Simpulan hasil penelitian: 1) Implementasi program BLT di Desa Demakan pada hakikatnya ialah suatu program yang dibuat oleh Pemerintah Desa Demakan untuk memenuhi kebutuhan warga pada masa pandemi Covid-19. Mekanisme pendataan program BLT di Desa Demakan meliputi: pendataan, penetapan penerima BLT-Dana Desa, proses konsolidasi dan verifikasi penerima, proses validasi dan penetapan hasil pendataan, dan yang terakhir adalah penyaluran bantuan. Dalam pelaksanaannya, implementasi program BLT-Dana Desa di Desa Demakan merupakan suatu wujud perlindungan sosial dalam bentuk terjaminya hak kesejahteraan sosial. BLT-Dana Desa di Desa Demakan sudah berjalan dengan baik hal ini dibuktikan bahwa Pemerintah Desa Demakan dapat mengatasi dampak pandemi Covid-19, salah satunya ialah perekonomian masyarakat. Dari segi ekonomi masyarakat dapat hidup secara wajar dan mampu membantu memenuhi kebutuhan hidup warga penerima bantuan. Sehingga dengan adanya program BLT-Dana Desa di Desa Demakan setidaknya dapat meningkatkan konsumsi keluarga penerima BLT-Dana Desa, memastikan terpeliharanya taraf kesejahteraan sosial, dan menjaga stabilitas keuangan.  2) faktor pendukung terdiri dari aspek: kualitas kebijakan program, kapasitas implementator, kecukupan anggaran, dan karakteristik kelompok sasaran. Sedangkan faktor penghambat antara lain sikap pelaksana yang masih menggunakan sistem kekerabatan, dan kurangnya komunikasi antarorganisasi pelaksana.

×
Penulis Utama : Mufidatul Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6417045
Tahun : 2022
Judul : Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai sebagai Wujud Pemenuhan Hak Kesejahteraan Sosial Warga Negara pada Masa Pandemi Covid-19 di DEsa Demakan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : program BLT-Dana Desa, hak kesejahteraan sosial, pandemi Covid-19
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rima Vien Permata Hartanto, S.H., M.H.
2. Yudi Ariana, S.H., M.H.
Penguji : 1. Dr. Rima Vien Permata Hartanto, S.H., M.H.
2. Yudi Ariana, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.